Sajian Kuliner Khas Saat Hari Raya Galungan

BaliNews.id – Galungan merupakan salah satu hari raya besar bagi Umat Hindu di Nusantara, menjelang Galungan maka masyarakat Hindu akan disibukan dengan berbagai persiapan menjelang Hari Raya Galungan.

Salah satu yang pasti ada saat Galungan adalah sajian-sajian khas saat Galungan, baik untuk keperluan sesaji  atau sekedar untuk  camilan bersama saudara-saudara yang akan berkunjung saaat Galungan.

Berikut kami rangkum berbagai sajian yang ada saat Galungan yang dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya adalah

Lawar

Kurang lengkap memang jika Galungan tanpa olahan kuliner satu ini, ya Lawar, Lawar merupakan olahan sayuran ataupun daging yang dicincang dan dicampur dengan bumbu khasnya, tradisi membuat lawar disebut dengan “ngelawar”, lawar bisa dibuat dari berbagai olahan seperti : olahan daging Babi, Ayam, Kerbau, Nangka, Lawar Getih, dll.

BACA JUGA  Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2020
Sajian Lawar Bali
Sajian Lawar Bali ( Sumber Foto : IDN Times )

Jukut Ares

Jukut Ares atau dalam Bahasa Indonesia adalah sayur / sup ares, ares merupakan batang dari pohon pisang yang diolah dijadikan sup, biasanya dipadukan dengan bumbu khas dan ada “balung” babi, atau daging ayam, dijamin bikin ngiler apalagi dengan paduan nasi.

Jukut Ares Bali
Jukut Ares Bali ( Sumber Foto : baweansweetheart.com )

Be Celeng

Be Celeng atau Daging Babi, salah satu yang Khas saat perayaan Galungan adalah Daging Babi yang diolah sedemikin rupa sehingga sangat menggugah selera, baik di Goreng, dijadikan Tum, Lawar, sehingga salah satu menu wajib saat Galungan.

Sajian Be Celeng
Sajian Be Celeng / Daging Babi( Sumber Foto : TripAdvisor )

Tum Babi

Tum Babi merupakan sajian pendamping lawar yang nikmat, Tum dibungkus oleh daun pisang yang kemkudian dikukus hingga matang, banyak jenis Tum selain Babi yaitu  Ayam, Biu Batu, Ikan Laut dll, Tum membuat Galunganmu tambah nikmat.

BACA JUGA  Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2020 Bahasa Bali
Tum Babi Bali
Tum Babi Bali ( Sumber Foto : cookpad.com )

Jaje Uli

Jaje Uli merupakan salah satu sajian untuk kegiatan upacara di Bali, sebagai persembahan, Jaje Uli dibuat dari olahan Tepung  beras atau Ketan, mungkin rasanya hambar, tapi Jaje Uli menambah “Galungan Vibes” mu bakin berasa.

Jaje Uli Bali
Jaje Uli ( Sumber Foto : kintamani.id )

Itu dadi sajian kuliner yang ada saat perayaan Galungan, semeton ada sajian kuliner lain ?  (ah)

Penulis : Agus Hendrawan ( BaliNews.id Team )

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id