Balinews.id

Melihat Kondisi Bangkai Kapal Titanic dari Rekaman Video Tahun 1986

Penampakan bangkai kapal Titanic. (Foto: REUTERS)

Balinews.id – Sebuah video yang memperlihatkan kondisi kapal Titanic dari 1986 dirilis ke publik untuk pertama kalinya dalam rangka memperingati 25 tahun film Titanic. Di balik dasar Samudra Atlantik yang keruh, rekaman memperlihatkan bagaimana kapal karam paling terkenal di dunia dengan segala kemegahannya membusuk di bawah laut.

Video tersebut diambil selama ekspedisi pada Juli 1986 oleh para peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI). Gambar diambil 9 bulan setelah bangkai Titanic ditemukan, dengan menggunakan kapal selam kecil bernama Alvin yang dioperasikan dari jarak jauh.

Titanic mendapat julukan “kapal tak bisa tenggelam”, namun tetap saja karam di Samudra Atlantik Utara pada 15 April 1912. Titanic terbelah menjadi dua bagian, setelah menabrak gunung es selama pelayaran perdana dari Southampton, Inggris, ke New York City, Amerika Serikat (AS).

Sebanyak 1.500 orang dinyatakan meninggal dunia dan kapal tenggelam ke samudra sekitar 4.000 meter di bawah permukaan laut, dan 740 kilometer dari Newfoundland di Kanada, dalam insiden nahas tersebut. Tempat peristirahatan terakhir Titanic baru ditemukan pada September 1985, atau 73 tahun setelah kapal tenggelam. Sejak saat itu, beberapa peneliti pergi ke lokasi bangkai Titanic untuk melakukan ekspedisi dan mengabadikannya lewat sorotan kamera.

Bangkai kapal Titanic. (Foto: Shutter Stock)

Kini, rekaman Titanic yang diambil pada 1986 untuk pertama kalinya dirilis ke publik oleh WHOI di saluran YouTube-nya. Video berdurasi 1 jam 21 menit ini terdiri dari rekaman mentah dan tidak bernarasi saat tim menjelajahi bangkai kapal yang tergeletak di dasar laut. WHOI merilisnya dalam rangka merayakan ulang tahun ke-25 film Titanic garapan sutradara James Cameron yang tayang pada 1997.

“Lebih dari satu abad setelah hilangnya Titanic, kisah manusia yang terkandung dalam kapal besar terus bergema,” kata Cameron, penjelajah laut dan direktur WHOI, sebagaimana dikutip IFL Science. Seperti banyak orang, saya terpaku ketika Alvin dan Jason Jr. menjelajah ke dalam bangkai kapal. Dengan merilis rekaman ini, WHOI membantu menceritakan bagian pentingnya sebuah cerita yang menjangkau generasi dan lingkaran dunia.”

Dalam ekspedisi baru-baru ini, terlihat kapal Titanic sudah mulai hancur, larut dengan cepat oleh karat, garam laut, bakteri, kawanan makhluk laut dalam, dan kekuatan alam lainnya.

Keroyok Babinsa, Dua Pria Asal Sumba Ditetapkan Tersangka

BADUNG, Balinews.id – Polres Badung menetapkan 2 orang tersangka atas kasus pengeroyokan terhadap Babinsa Serda…

February 17, 2023

Polres Tabanan Ungkap Empat Kasus Narkoba Selama Bulan Februari

TABANAN, Balinews.id – Polres Tabanan mengungkap sebanyak 4 kasus narkoba selama bulan Februari 2024. Dalam…

February 17, 2023

Beredar Keppres Pemecatan Anggota DPD Bali Arya Wedakarna

Balinews.id – Beredar foto yang memperlihatkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemecatan anggota DPD Bali…

February 17, 2023

Jambret Kalung Emas, Residivis Dihajar Warga

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria berinisial MS (49) dihajar massa usai nekat menjambret kalung emas…

February 17, 2023

Usai Pemilu Terbitlah Pilkada, Ini Tahapan dan Jadwalnya

Balinews.id – Setelah pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI…

February 17, 2023