Balinews.id

Manfaat Konsumsi Kentang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat konsumsi kentang rebus bagi kesehatan tubuh (sumber foto: Pexels/Mateusz Feliksik)

Balinews.id – Mengonsumsi kentang sebagai makanan pokok mungkin bukanlah hal yang lazim di Indonesia. Kentang lebih sering diolah sebagai makanan pendamping nasi maupun cemilan yang memiliki raza yang lezat. Cara pengolahannya pun bervariasi mulai dari digoreng hingga kukus. Jika selama ini kamu lebih sering mengonsumsi kentang dengan cara digoreng, ada baiknya kamu untuk menguranginya dan mencoba alternatif cara lain dengan cara direbus. Selain lebih sehat, ternyata mengonsumsi kentang rebus memiliki beberapa manfaat.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan dalam kentang rebus dapat membantu meredakan ketegangan pada pembuluh darah (sumber foto: Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagi penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi kentang rebus. Hal ini karena kentang rebus memiliki kandungan kalium yang melimpah, fungsinya dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah. Bagaimana cara kalium menstabilkan tekanan darah? Kalium bekerja dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebar sehingga ketegangan di pembuluh darah mereda. Tekanan yang mereda pada pembuluh darah menyebabkan tubuh kita memiliki tekanan darah yang stabil.

Selain kalium, kandungan magnesium, potassium, dan kalsium di dalam kentang juga turut membantu untuk meredakan tekanan darah tinggi. Ketiganya memang dikenal dapat mengatasi gangguan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi 1 kentang utuh setara dengan memenuhi 10% dari kebutuhan kalium pada orang dewasa.

Sumber Karbohidrat untuk Diet

Kentang sebagai pengganti sumber karbohidrat saat diet (sumber foto: Pexels/Total Shape)

Kentang sering disarankan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi selama dalam program diet. Rasanya yang enak, bisa diolah menjadi apa saja, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain membuat kentang menjadi salah menu pilihan saat sedang diet. Kentang mengandung serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan Anda lebih terkontrol dan asupan makan Anda lebih sedikit. Selain itu, kandungan serat dalam kentang juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Namun tak sembarangan olahan kentang dapat dikonsumsi selama diet. Disarankan untuk mengonsumsi kentang rebus atau panggang dengan bumbu tertentu.

Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Kandungan senyawa-senyawa di dalam kentang rebus seperti karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik sangat diperlukan oleh tubuh. Ketiga senyawa tersebut dipercaya dapat menjadi penangkal radikal bebas karena dapat berperan sebagai antioksidan.

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Seperti yang dijelaskan sebelumnnya, kentang rebus dapat menjadi pilihan sebagai pengganti nasi. Di dalam kentang rebus, terdapat kandungan pati resisten yang tidak diserap seluruhnya oleh tubuh. Saat pati ini masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada di dalam organ tersebut. Meskipun dapat menjadi pengganti nasi, konsumsi kentang bagi penderita diabetes juga tidak boleh berlebihan dan harus memperhatikan porsi.

Memelihara Fungsi Otak dan Saraf

Konsumsi kentang dapat membantu fungsi otak (sumber foto: Pexels/Meo)

Fungsi otak dan saraf dapat dijaga dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengkonsumsi kentang rebus. Kalian dapat menjaga kesehatan neuron dan saraf dengan cara mengkonsumsi vitamin B6 dan kabar baiknya nutrisi tersebut terdapat di dalam kentang rebus. Selain itu, vitamin ini dapat membantu tubuh untuk menghasilkan zat kimia otak seperti dopamine, serotonin, dan norepinefrin. Adanya hormon-hormon tersebut dapat mengurangi resiko kalian mengalami depresi, stress, dan gangguan kecemasan. Kandungan kalium pada kentang rebus juga dapat membantu untuk memperlebar ukuran pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang ada di otak. Pelebaran ini dapat memperlancar aliran darah ke otak sehingga otak memiliki suplai aliran darah yang cukup.

Keroyok Babinsa, Dua Pria Asal Sumba Ditetapkan Tersangka

BADUNG, Balinews.id – Polres Badung menetapkan 2 orang tersangka atas kasus pengeroyokan terhadap Babinsa Serda…

March 17, 2023

Polres Tabanan Ungkap Empat Kasus Narkoba Selama Bulan Februari

TABANAN, Balinews.id – Polres Tabanan mengungkap sebanyak 4 kasus narkoba selama bulan Februari 2024. Dalam…

March 17, 2023

Beredar Keppres Pemecatan Anggota DPD Bali Arya Wedakarna

Balinews.id – Beredar foto yang memperlihatkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemecatan anggota DPD Bali…

March 17, 2023

Jambret Kalung Emas, Residivis Dihajar Warga

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria berinisial MS (49) dihajar massa usai nekat menjambret kalung emas…

March 17, 2023

Usai Pemilu Terbitlah Pilkada, Ini Tahapan dan Jadwalnya

Balinews.id – Setelah pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI…

March 17, 2023