Kosa kata Sansekerta Dengan Makna Indah Cocok Untuk Inspirasi Nama Anak

Balinews.id – Nama sering menjadi untaian doa orang tua yang disematkan pada seorang anak. Setiap orang tua pasti sudah mempersiapkan nama untuk anaknya, baik itu nama untuk anak perempuan atau untuk anak laki sebelum anak tersebut lahir ke dunia. Namun, tak sedikit juga yang belum mempersiapkan nama untuk anaknya ketika lahir. Berikut adalah kata-kata dengan makna cantik dalam bahasa Sansekerta yang bisa dijadikan inspirasi untuk anak laki-laki maupun perempuan.

 

Kosa Kata Sansekerta Untuk Nama Anak Perempuan

Sraddha –  keyakinan

Untuk umat Hindu, kata ‘Sraddha’ pasti sudah sering kita dengar. Sraddha berarti keyakinan, kesetiaan, atau mengasihi.

Dahayu – Cantik

Anak perempuan identik dengan kata cantik dan anggun. Jika ingin menggunakan nama ‘Ayu’ namun tidak ingin terlalu pasaran, kamu bisa mencoba menggunakan kata ‘Dahayu’ yang sama-sama berarti cantik. Dahayu bisa kamu selipkan sebagai nama tengah maupun nama belakang anak.

Gahyaka – Nama Pujian

Gantari – Menyinari

Anjani – Berbakti

Kata ‘Anjani’ sudah sering digunakan sebagai nama depan maupun tengah untuk anak perempuan. Kata ini memiliki arti berbakti.

Indurasmi – Sinar bulan

Anak perempuan dengan sorot mata yang teduh seperti sinar bulan, kata Indurasmi dengan arti sinar bulan bisa kamu gunakan untuk nama depan ataupun nama tengah. Diharapkan juga anak dengan nama ini bisa memiliki watak dan karakter sebagai penerang untuk orang lain.

Triasih – Harapan

Ambara – Angkasa

Ambara berarti angkasa. Nama Ambara bisa diberikan dengan harapan anak menjadi orang yang bisa memiliki wawasan seluas angkasa. Kombinasi nama dengan kata Ambara adalah Lintang Ambara artinya bintang yang bersinar di angkasa.

Lukita – Syair

Ingin nama anak yang terlihat modern, ‘Lukita’ kata dari bahasa Sansekerta yang berarti syair ini bisa kamu jadikan pilihan. Contoh nama anak perempuan simpel yang bisa dibuat dari kata ‘Lukita’ misalnya Lukita Adara yang berarti syair pujian atau Lukita Pradnyandari dengan arti syair pagi.

 

 

Laki-Laki

Daksa – Ahli

Gajendra – Perkasa

Gana – Pasukan

Nawasena – Masa Depan yang Cerah

Mendoakan masa depan yang cerah untuk anak, bisa diselipkan lewat nama yang diberikan. Kata Nawasena berarti masa depan yang cerah, kata ini bisa dikombinasikan misalnya Putra Nawasena yang artinya seorang putra yang memiliki masa depan yang cerah.

Dirandra – Pemberani

Setiap orang tua mengharapkan anak laki-lakinya kelak menjadi orang yang pemberani dan bisa menjadi pelindung dari saudara-saudaranya. Dirandra merupakan kata bahasa Sansekerta dengan arti seseorang yang pemberani.

Arsa – Bergembira

Nandana – Pembawa Keceriaan

Adamar – Pelita

Adara – Pujian

Andakara – Matahari

Arkamaya – Sinar Matahari

Jika sinar bulan disebut dengan Indurasmi, sinar matahari diartikan oleh kata Arkamaya.

 

Itu dia beberapa kata dalam bahasa Sansekerta yang memiliki makna cantik yang bisa dijadikan inspirasi untuk anak laki-laki dan perempuan.

Press ESC to close