Balinews.id

Kisah di Balik Peringatan Hari Buruh Sedunia, Perjuangan Melawan Eksploitasi Pekerja

Kisah dibalik peringatan Hari Buruh, Perjuangan Melawan Eksploitasi Pekerja (Sumber foto: Pontas.id)

Balinews.id – Tepat hari ini 1 Mei 2023 adalah Hari Buruh Sedunia atau sering disebut May Day yang diperingati diseluruh dunia termasuk Indonesia. Peringatan ini dilakukan untuk memperingati perjuangan kaum buruh dalam memperjuangkan hak-haknya di masa lalu. Hingga saat ini pun, momen Hari Buruh masih terus dijadikan momentum untuk memperjuangkan hak-haknya.

Sejarah Hari Buruh

Peringatan Hari buruh bertujuan untuk menghormati sekaligus mengingat perjuangan buruh melawan pelanggaran hak-hak para pekerja. Hari Buruh berkaitan dengan gerakan buruh pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Gerakan tersebut menuntut hak-hak pekerja agar lebih manusiawi, salah satunya terkait jam kerja menjadi maksimal delapan jam per hari.

 

Hari Buruh juga untuk memperingati peristiwa Kerusuhan Haymarket di Chicago pada tahun 1886.Pada saat itu terjadi konflik antara buruh pengunjuk rasa dan polisi. Sebelumnya, organisasi buruh terbesar di Amerika (Knights of Labour) menginisiasi gerakan para pekerja untuk mogok dan berdemonstrasi.

 

Hari Buruh biasanya diperingati oleh para pekerja atau buruh di seluruh dunia dengan menggelar aksi demonstrasi. Aksi tersebut untuk menyampaikan tuntutan kepada pemerintah.

 

Di Indonesia sendiri, Hari Buruh konon sudah dimulai pada era kolonial Hindia Belanda. Peringatan ini dimulai pada 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. Pada saat itu, kondisi buruh sangat memprihatinkan. Mereka bekerja dalam kondisi yang tidak manusiawi dan tidak mendapatkan hak-hak yang layak. Kondisi ini membuat para buruh merasa tertindas dan harus berjuang demi hak-hak mereka.

 

Konon, gerakan tersebut terpantik oleh tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang membuat tulisan tentang kritik harga sewa tanah milik kaum buruh yang terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Selain itu, Baars mengungkapkan bahwa kaum buruh bekerja keras tanpa upah yang layak.

Sumber foto: Kompas.com

Setelah perayaan 1 Mei, buruh kereta api mengalami pemotongan gaji. Para pekerja itu selanjutnya menggelar aksi mogok. Namun, mereka justru diancam pemecatan apabila tidak segera kembali bekerja. Pada tahun 1926, peringatan Hari Buruh ditiadakan.

 

Peringatan Hari Buruh kembali diizinkan pada 1 Mei 1946 oleh Kabinet Sjahrir. Kemudian, Undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 juga mengatur bahwa setiap 1 Mei, buruh boleh tidak bekerja. Pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Hari Buruh akhirnya ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Perjuangan para buruh tidaklah mudah. Mereka harus menghadapi intimidasi dan penindasan dari pihak-pihak yang merasa terancam dengan tuntutan mereka. Namun, mereka terus memperjuangkan hak-hak mereka dengan gigih.

 

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah salah satu bentuk hasil dari kegigihan mereka. Undang-Undang ini memberikan perlindungan dan jaminan hak-hak bagi para buruh di Indonesia. Selain itu, terdapat juga upaya untuk menaikkan upah minimum dan memperbaiki kondisi kerja di sektor-sektor tertentu.

 

Namun, saat ini perjuangan para buruh masih terus berlanjut. Masih banyak buruh yang bekerja dalam kondisi yang tidak layak dan tidak mendapatkan upah yang cukup. Oleh karena itu, peringatan Hari Buruh setiap tahunnya menjadi momen penting untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya perjuangan buruh dan hak-hak mereka yang harus dilindungi.

 

Sebagai masyarakat, kita harus mendukung perjuangan para buruh untuk mendapatkan hak-hak yang layak dan adil. Kita juga harus memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi semua pekerja, tanpa memandang status sosial atau ekonomi. Semoga perjuangan para buruh di Indonesia terus berlanjut dan hak-hak mereka semakin terjamin.

 

Selamat Hari Buruh!

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

May 1, 2023

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

May 1, 2023

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

May 1, 2023

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

May 1, 2023

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

May 1, 2023