Jadi Sorotan Warganet, Apa Makna Filosofis Gaun Laksmi di Ajang Miss Universe 2022?

Gaun Laksmi Deneefe Di Ajang Miss Universe 2022. (Foto: Istimewa)

Balinews.id – Perancangan gaun yang dikenakan oleh Wakil Indonesia di ajang kompetisi Miss Universe 2022, Laksmi Deneefe Suardana, bukanlah main! Selain fokus pada keindahannya, ada filosofi khusus dibalik mewahnya gaun-gaun tersebut. Ajang Miss Universe 2022 digelar pada Sabtu, 14 Januari 2023, di Ernest N. Morial Convention Center, New Orleans, Amerika Serikat. Dalam ajang ini, gelar Miss Universe jatuh ke tangan Miss USA, R’Bonney Gabriel. Walaupun tidak lolos menuju 16 besar, Laksmi tampil mengenakan beberapa gaun yang memiliki filosofi khusus.

Dilansir dari Sukabumiupdate, pada tahap preeliminary Miss Unvierse 2022, Laksmi mengenakan gaun Waterfall dari koleksi Maison Met. Menurut keterangan unggahan di Instagram-nya, gaun itu adalah simbol keindahan, kemurnian, dan energi air yang mempesona.

“Banyak air terjun dapat ditemukan di seluruh Bali dan air merupakan dasar agama Bali. Ini memberikan penyembuhan spiritual, pengetahuan dan kejelasan,” bunyi keterangan tersebut. Gaun itu terbuat dari kain berhias mewah dalam nuansa biru mutiara lembut dan abu-abu tiram dan jatuh ke tanah dalam pancaran cahaya yang berkilauan, seperti air terjun yang anggun.

Hal tersebut memberikan penghormatan kepada kekayaan alam dan juga mengingatkan untuk melestarikan air terjun ekosistem yang unik dan warisan nasional. Gaun tersebut ditonjolkan oleh anting-anting berlian desain tradisional Bali. Seperti pancaran cahaya yang berkilauan, sehingga melengkapi gambar air keperakan yang berkilauan.Selain itu, Laksmi juga mengenakan koleksi lain dari Maison Met, yaitu Wave Gown, yang merupakan simbol kekuatan agung dan keanggunan air. Seperti dikutip dari keterangan unggahan Instagram-nya, ombak melambangkan pasang surut kehidupan, emosi yang naik turun tapi selalu kembali dengan energi baru.

Mereka didorong oleh angin, bulan dan matahari. Agama Bali dikenal sebagai Agama Tirta, agama air suci. Melalui berkah air, diyakini bahwa penyembuhan spiritual, kebijaksanaan, dan pengetahuan diperoleh. Gaun tersebut terbuat dari sutra cair dan berputar di sekitar tubuh seperti gelombang laut. Warna mutiara yang berkilauan mewakili energi vital ombak di puncak tertinggi dan terkuatnya. Desainnya juga mencerminkan gaya Bali dengan bentuk strapless dan keanggunan ala sarung.

Gaun Laksmi Deneefe Di Ajang Miss Universe 2022. (Foto: Merdeka.com)

Penampilan Laksmi mengenakan kostum nasional juga tak kalah menarik perhatian. Dia tampil edgy dalam balutan gaun bertema The Glory of Phinisi rancangan Ikie Morphacio. Kostum itu terinspirasi semboyan Jalesveva Jayamahe, Di Laut, Kita Menang. Dalam keterangan unggahan di Instagram-nya, desainer Ikie menjelaskan kostum ini memadukan warna emas dan mutiara yang melambangkan kemenangan Indonesia; keindahan, kemuliaan dan kekuatan, serta percikan biru melambangkan lautan luas. Hiasan kepala menampilkan perahu Phinisi dengan detail hiasan untuk mewakili budaya Indonesia.

 

“Phinisi memiliki 7 layar yang melambangkan kesanggupan nenek moyang bangsa Indonesia yang mengarungi dan menaklukkan tujuh lautan sedangkan kekuatan angin, kekuatan alam, menggerakkan layar. Angka tujuh juga melambangkan kehidupan dan rezeki. 5 gambar di sekitar pangkal kostum melambangkan angka Bugis 5 dan artinya keberuntungan selalu ada. Trisula melambangkan kesatuan tertinggi dan keharmonisan pikiran, tubuh dan jiwa yang penting untuk kepemimpinan transformatif dan visi yang kuat,” tulisnya.

Pada kostum nasional yang dikenakan Laksmi Deneefe, terdapat miniatur kapal pinisi di bagian punggung. Desainer kostum Ikie Morphacio dan Ayrin dari Morphacio Body Art mengungkapkan, busana nasional ini beratnya mencapai 8 kilogram.Kostum tersebut melambangkan keberanian orang Indonesia dalam perjalanannya untuk menjadi bangsa yang lebih kuat, terinspirasi, mampu menavigasi jalan yang kuat dan mantap melalui dunia yang bergejolak saat ini.Ajang Miss Universe 2022 dimenangkan oleh R’Bonney Gabriel yang mewakili Amerika Serikat.

Ia adalah perancang busana yang berasal dari Houston, Texas. Sementara yang terpilih menjadi Runner-up pertama adalah Amanda Dudamel, Miss Universe Venezuela 2022 dan Runner-up kedua adalah Andreina Martinez Founier, Miss Universe Republik Dominika 2022. (*)

 

Press ESC to close