Intip Kemeriahan Perayaan Imlek di Berbagai Negara

Perayaan Imlek di Berbagai Negara (sumber foto: Rodnae Productions/Pexels)

Balinews.id – Sama seperti perayaan tahun baru, di berbagai negara lainnya Imlek dirayakan dengan sangat meriah. Berbagai bentuk kegiatan dilakukan untuk menyambut imlek, penasaran bagaimana keseruan perayaan imlek di negara-negara lainnya?

Malaysia

Di Malaysia ada satu buah spesial yang biasa diberikan saat Imlek, yaitu buah nanas. Buah nanas dianggap sebagai buah perlambang kebahagiaan sehingga selalu ada di tiap perayaan Imlek di Malaysia. Tak hanya dalam bentuk buah, nanas juga diolah menjadi kue kering dengan isian nanas khas imlek.

Kue Kering Isian Nanas

Kue kering dengan isian nanas untuk memeriahkan perayaan imlek di Malaysia (sumber foto: foodforthought.com)

Dalam Hokkien nanas disebut dengan ‘Ong Lai’ (huáng lí, 黄梨) yang merupakan homofon untuk (wàng lái, 旺来), secara kasar diterjemahkan menjadi “kedatangan kekayaan dan keberuntungan”. Jadi, kue nanas ini disajikan dengan maksud untuk mendapatkan keberuntungan dan kekayaan di tahun baru imlek ini.


Singapura

Sebagai etnis terbesar yang menempati negara Singapura, perayaan Imlek dilakukan dengan sangat meriah. Di Singapura ada tempat yang bernama Chinatown.  Saat imlek, di Chinatown akan diadakan berbagai acara misalnya acara Chinatown Street Light Up yang akan menampilkan barongsai, atraksi memakan api, dan tarian yang akan memeriahkan Kreta Ayer Square. Acara yang paling ditunggu-tunggu adalah River Hangbao yang digelar di Marina Bay. Kamu bisa melihat lentera yang berukuran besar, tokoh legenda Tiongkok, dan pesta kembang api yang meriah!

Festival imlek di singapura

Lentera-lentera cantik menghiasi Sungai Hongbao Singapura selama perayaan Imlek (sumber foto: littledayout)

Vietnam

Di Vietnam, perayaan Imlek disebut dengan Tet Nguyen Dan atau disingkat Tet. Sama halnya seperti Singapura, di Vietnam perayaan Imlek dirayakan dengan sangat meriah. Pemerintah memberikan libur selama satu minggu penuh untuk merayakan Tet. Tet juga menjadi simbol awal musim semi di Vietnam, khususnya kawasan utara. Sedangkan di kawasan selatan, Tet menjadi simbol awal musim tanam padi dilansir dari Kompasiana. Beberapa hari menjelang Tet, warga mulai membeli bunga musim semi (hoa dao) dan buah kumquat, dua pohon yang menjadi simbol perayaan Tet. Orang Vietnam percaya bahwa semakin besar pohon kumquat, maka semakin banyak pula kesejahteraan dan kesehatan yang akan didapat di tahun yang baru.

Meriahnya perayaan Tet di Vietnam (sumber foto: Vietnam Visa)

Taiwan

Melepas lampion saat imlek

Menuliskan harapan dan melepaskan lampion ke langit malam di Taiwan (sumber foto: Traveloka)

Korea Selatan

Perayaan Imlek di Korea Selatan disebut dengan Seollal. Mengutip CNN Indonesia, pada saat Seollal anggota keluarga akan berkumpul dengan seolbim (pakaian khusus untuk Seollal) mereka untuk upacara leluhur. Ritual tersebut dilakukan untuk mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih kepada leluhur. Setelah ritual tersebut, keluarga makan makanan tradisional. Hidangan utamanya adalah tteokguk, sup yang dibuat dengan irisan nasi padat mirip ketupat, daging sapi, telur, sayuran, dan bahan lainnya.

Perayaan Seollal di Korea Selatan (sumber foto: blog.remitly.com)

Press ESC to close