Balinews.id

Cara Menjawab 6 Pertanyaan Ini Saat Kumpul Lebaran

Kumpul Lebaran bersama keluarga. Sumber foto: Dreamstime

Balinews.id – Selain sebagai momen untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah kegembiraan dan kebersamaan, seringkali muncul pertanyaan-pertanyaan yang membuat suasana menjadi sedikit tidak nyaman. Untuk menghindari kecanggungan dan memperlancar suasana, berikut adalah jawaban ampuh untuk 6 pertanyaan ini saat kumpul Lebaran.

“Kamu sudah nikah belum?”

Pertanyaan ini seringkali menjadi bahan candaan di antara saudara-saudara yang sudah menikah. Namun, bagi yang masih single, pertanyaan ini bisa membuat mereka merasa tidak nyaman dan terkadang merasa tekanan dari keluarga untuk segera menikah. Untuk menghindari kecanggungan, jawaban yang tepat adalah dengan tersenyum dan menyatakan bahwa kita masih menikmati masa lajang dan belum merasa siap untuk menikah. Jangan lupa untuk menambahkan bahwa kita percaya Allah akan memberikan jodoh yang terbaik pada waktu yang tepat.

 

“Kapan punya anak?”

Pertanyaan ini seringkali diucapkan oleh para kakek-nenek atau om dan tante di hari Lebaran. Namun, untuk pasangan yang belum memiliki anak atau sedang menunggu momongan, pertanyaan ini bisa membuat mereka merasa tidak nyaman. Jawaban yang tepat adalah dengan menyatakan bahwa kita sedang menikmati masa berdua sebagai pasangan dan masih merencanakan untuk memiliki anak di masa yang tepat. Jangan lupa untuk menyatakan bahwa kita percaya Allah akan memberikan momongan pada waktu yang tepat.

 

“Kapan lulus kuliah?”

Bagi pejuang skripsi, tentu pertanyaan ini seringkali menjadi beban tersendiri. Terlebih lagi jika sudah terlambat lulus. Jawaban yang tepat adalah dengan menyatakan bahwa kita sedang berusaha untuk menyelesaikan skripsi tersebut dan meminta didoakan agarcepat selesai.

 

“Kamu sudah kerja apa sekarang?”

Setelah lulus kuliah, pertanyaan ini seringkali menjadi momok bagi para fresh graduate. Terlebih lagi jika belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Untuk menghindari rasa malu, bisa dijelaskan bahwa kita sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki. Bisa juga kamu memanfaatkan momen ini untukmeminta informasi kepada sanak saudara jika menemukan informasi lowongan pekerjaan yang sekiranya sesuai untukmu.

 

“Gaji kamu berapa?”

Sudah bekerja pun tetap harus menghadapi berbagai pertanyaan yang sensitif saat lebaran. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak yang menganggap hal ini sebagai pertanyaan wajib di antara saudara. Untuk menghindari kecanggungan, bisa dijawab dengan santai dan menyatakan bahwa gaji yang diterima cukup dan saat ini kita lebih fokus pada pekerjaan yang kita tekuni daripada gaji yang diterima.

 

“Kamu sudah punya rumah sendiri belum?”

Rumah memang jadi impian setiap orang. Jika kamu mendapat pertanyaan seperti ini, jawablah jika kamu sedang fokus pada pekerjaan agar bisa menabung untuk bisa membeli rumah di masa depan.

 

Itu dia beberapa jawaban yang bisa kamu gunakan saat berkumpul bersama keluarga. Intinya, kamu sebisa mungkin untuk tetap menjawab pertanyaan dengan sopan santun agar tidak menyinggung perasaan yang lain. Semoga jawaban-jawaban ampuh di atas dapat membantu kita merayakan Lebaran dengan suasana yang lebih harmonis dan menyenangkan. Selamat Idul Fitri!

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

April 11, 2024

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

April 11, 2024

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

April 11, 2024

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

April 11, 2024

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

April 11, 2024