Siapa Marie Thomas? Sosok yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia.

BaliNews.id-Google Doodle per hari ini, Rabu (17/2/2021), menampilkan ilustrasi seorang dokter yang sedang menggendong bayi. Rupanya, ia merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia.

Ia adalah dokter Marie Thomas yang hari ini genap berusia 125 tahun. Wanita kelahiran desa Likupang, Sulawesi Utara, ini mengukir sejarah dalam bidang spesialis wanita pertama di ginekologi dan kebidanan.

Di tahun 1912, dokter Marie Thomas diterima di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artse). Sebelum dirinya mendaftar, institusi tersebut dikhususkan untuk laki-laki. Ia juga sempat bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia, Jakarta.

Tak lama dari situ, dokter Marie Thomas kemudian melanjutkan kariernya yang luar biasa sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru. Seperti IUD (intra uterine device), kepada wanita di seluruh nusantara.

BACA JUGA  Setiap Kata Adalah Doa, Kisah Umur Panjang Aswatama

Wanita ini juga dikenal sangat dermawan. Dokter Marie Thomas bahkan sering menggratiskan biaya beberapa pasien yang tak mampu membayar perawatan. Ia tampak sangat jatuh cinta dengan profesi yang ditekuninya. Dokter Marie Thomas juga mendirikan sekolah kebidanan, pertama di Sumatra.

“Selamat ulang tahun, Dr Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasi tanpa pamrih Anda untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi,” demikian ucapan yang tertera di balik perayaan Google Doodle.(ap)

Facebook Comments

Redaksi

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id