Rayakan Akhir Tahun, 5 Tips Liburan Hemat Bareng Keluarga

Liburan

Liburan Hemat dengan Keluarga (sumber foto: Te lensFix/Pexels)

Balinews.id – Momen libur akhir tahun selalu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, setelah hampir satu tahun sibuk melakukan berbagai kegiatan, di akhir tahun segala aktivitas mulai sedikit demi sedikit melonggar. Libur panjang Nataru (Natal dan tahun baru) dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Jika kamu masih single mungkin kamu tidak akan ambil pusing untuk mengisi kegiatan libur akhir tahunmu. Tetapi, jika kamu sudah berkeluarga, kamu perlu membuat rencana terlebih dahulu. Pasalnya, beban pengeluaran yang akan kamu keluarkan akan berkali-kali lipat sesuai dengan jumlah anggota keluargamu. Belum lagi, biasanya biaya akomodasi akan mengalami kenaikan di musim liburan. Bisa-bisa bonus akhir tahunmu langsung ludes habis hanya untuk liburan. Untuk itu, berikut beberapa tips liburan hemat yang bisa kamu lakukan sebelum pergi berlibur akhir tahun.

Tentukan Jadwal Berlibur

kalender

Tentukan Jadwal Liburan(Pixabay/Pexels)

Pastikan jadwal pergi berliburmu jauh-jauh hari. Jika bisa, pilihlah tanggal-tanggal yang jauh sebelum atau setelah perayaan akhir tahun. Kenapa? karena pada saat itu kamu akan mendapatkan harga tiket maupun hotel yang lebih murah dibandingkan tepat di musim liburan. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut sehingga bisa menghemat pengeluaranmu. Namun tetap perhatikan juga, jika kamu ingin berlibur ke luar negeri maka pertimbangkan juga musim yang sedang berlangsung di negara tersebut.

Stick on Budget

Budget Liburan

Tentukan Budget untuk Liburan(sumber foto: Karolina Grabowska/Pexels)

Menentukan budget liburan dan sumber dana yang akan dipakai tentu menjadi hal yang penting. Kamu perlu merencanakannya matang-matang, jangan sampai kamu terlena dan malah menggunakan dana tabunganmu. Boleh saja jika kamu ingin memanjakan anggota keluargamu dengan membeli sesuatu selama pergi berlibur, tapi ingat selalu stick on budget! Agar kamu tidak menyesal kemudian. Setelah kamu membuat anggaran liburanmu, lanjut ke langkah berikutnya!

Pilih Lokasi Liburan Sesuai Budget

Lakasi berlibur

Lokasi Berlibur Akhir Tahun(sumber foto: Jaxson Bryden)

Saat ini banyak sekali blogger maupun vloger yang kontennya bisa kamu jadikan referensi untuk mencari tempat berlibur akhir tahun. Jika sudah ditentukan ingin pergi kemana, lalu tentukan destinasi wisata atau kegiatan yang akan dilakukan selama berada di tempat tersebut. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selama berwisata. Di beberapa tempat wisata kamu akan dikenakan charge tambahan jika ingin mencoba kegiatan atau wahana lain selama berwisata. Jadi, pastikan kamu sudah menentukan kegiatan atau wahana apa saja yang akan kamu coba sehingga busa menghitung perkiraan biaya yang akan diperlukan.

Akomodasi

Yap, salah satu hal yang tak kalah penting selama liburan. Untuk akomodasi usahakan dipesan jauh-jauh hari. Selain untuk menghemat biaya, memesan jauh-jauh hari juga mengurangi resiko kehabisan. Jika kamu jeli, banyak aplikasi online yang menyediakan potongan harga untuk momen akhir tahun.

Namun untuk merayakan tahun baru, kamu tidak selalu harus pergi berlibur ke tempat yang jauh ya. Kamu tetap bisa menikmati libur akhir tahun dengan hemat lewat acara barbequ atau sekedar camping di halaman rumah yang pastinya juga tetap seru lho. (an)

 

Press ESC to close