4 Cara Aman Bersihkan Telinga Selain Pakai Cotton Bud

Ilustrasi telinga

BaliNews.id-Apakah kamu salah satu orang yang masih menggunakan cotton bud sebagai alat pembersih telinga ?Jika iya, sebaiknya mulai kurangilah pemakaian dari cotton bud ini. Pasalnya tanpa disadari penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga justru akan memberikan bahaya.

Mengutip CNN, cotton bud dapat menyebabkan luka pada telinga sehingga akan berpengaruh pada gangguan pendengaran. Hal itu diakibatkan karena cotton bud yang mendorong dan memadatkan kotoran telinga semakin masuk ke dalam dan sulit untuk diraih. Apabila dilakukan cukup sering, bisa saja gendang telingamu robek karena dorongan yang disebabkan oleh cotton bud ini.

Lantas, apakah ada cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihkan telinga selain menggunakan cotton bud? Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA  Ini Yang Terjadi Pada Jantung Kalau Kena Hipertensi

1.Hidrogen peroksida

Ilustrasi hidrogen peroksida. dok. Unsplash

Hidrogen peroksida merupakan senyawa yang biasanya terdapat dalam obat pembersih luka. Lalu, mengapa senyawa ini dapat menjadi salah satu cara untuk membersihkan telinga? Mengutip dari Mental Floss, hal itu karena komponen ekstra oksigen yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat mengurai kotoran dengan sangat cepat serta menjauhkan kamu dari infeksi.

Bagaimana cara menggunakannya? Kamu cukup miringkan kepala ke samping kanan atau kiri dan teteskan hidrogen peroksida sebanyak 5 sampai 10 tetes. Setelah itu, diamkan saja selama 5 menit agar hidrogen peroksida dapat membersihkan telinga secara maksimal.

2.Minyak Zaitun

Tidak hanya untuk rambut, minyak zaitun juga memiliki manfaat guna membersihkan telinga. Menurut salah studi dari American Hearing Research Foundation, menambahkan 2 sampai 3 tetes minyak zaitun ke dalam telinga agar kotoran menjadi lembut dan dapat keluar dengan mudah. Cara ini dapat kamu lakukan setidaknya seminggu sekali agar tidak terlalu membahayakan.

BACA JUGA  Beda Jerawat, Beda Treatment! Ketahui 5 Jenis dan Cara Mengatasinya

3.Basahi kain dengan air hangat

Ilustrasi kain hangat. dok. Unsplash

Dikutip dari Metro, kain hangat ini dapat berfungsi membersihkan telinga di bagian luar. Jadi kamu bisa usapkan kain hangat tersebut ke sekitar lekuk telinga luar. Dengan cara yang seperti ini, kotoran yang menempel di dinding-dinding telinga akan terhapus. Lantas, mengapa membersihkan telinga bagian luar juga penting? Sebab, bagian luar telinga ini yang dapat terlihat oleh orang lain, maka akan menjadi tidak baik dan kurang mengenakan apabila orang tersebut melihat kotoran yang ada di dinding telinga bagian luar.

4.Kunjungi dokter

Ilustrasi Dokter Telinga Foto: Pixabay

Pergi ke dokter mungkin menjadi cara terakhir apabila kotoran yang ada di telinga kamu mulai mengganggu aktivitas sehari-hari seperti sulit untuk mendengar atau merasa ngilu. Jika sudah terjadi tanda-tanda seperti itu, sebaiknya kunjungi dokter untuk membersihkannya. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui permasalahan telinga apa saja yang sedang dialami sehingga dapat dicegah sebelum akhirnya membesar dan berbahaya.(ap)

BACA JUGA  Asupan garam berlebih turunkan imun, bagaimana cara menguranginya?

Facebook Comments

Redaksi

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id