Balinews.id

Mengenal Istilah Geopolinomics (Geografi, Politik, dan Ekonomi) Indonesia

I Made Chandra Mandira, mahasiswa Doktor Ilmu Ketahanan Nasional UGM. (Foto: Istimewa)

Balinews.id – Geopolonomic merupakan perspektif interdisipliner tentang interaksi antara wilayah fungsional ekonomi dan politik, secara bersamaan mempertimbangkan pengaruh gabungan geografi, politik dan ekonomi. Pola pengaruh ekonomi global telah dan akan terus didefinisikan ulang oleh aliran modal, perdagangan, jasa, dan gagasan di dalam dan antar negara.

Di sisi lain dalam mengikuti perkembangan kondisi politik ekonomi dunia, perusahaan multinasional memiliki alur dalam perubahan ekonomi yang berdampak pada perubahan politik. Robert Giplin (2001) menjelaskan tentang Transnational Coorporations (TNCs) telah mengubah struktur dunia khususnya dalam hal ekonomi, karena perusahaan raksasa menjadi salah satu strategi penentu arus utama perdagangan dunia dengan cara hanya berinvestasi pada sektor padat modal dan teknologi.

Sehingga ini menjadi salah satu cara kapitalisasi untuk menguasai sumberdaya dan berusaha untuk menyamakan persepsi didalam pencapaian penguasaan sumber daya baik sumber daya intelektual (internet), suberdaya manusia dan sumber daya alam.

Pasca di sahkan nya Silk Road Act II oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS, dan konferensi lanjutan mengenai Perdagangan dan Pembangunan di Greater Central Asia di Kabul April 2006, perubahan kebijakan di bawah Greater Central Asia Partnership (GCAP) mendefinisikan pola kebijakan baru di Asia Tengah dan Selatan, berbeda dengan kebijakan di kawasan ini sejak tahun 1992.

Silk Road Act II memperbarui Undang-Undang Strategi Jalur Sutra tahun 1999 untuk mengubah sasaran bantuan guna mendukung kemandirian ekonomi dan politik negara-negara Asia Tengah dan Kaukasus Selatan sebagai pengakuan atas perubahan politik dan ekonomi di kawasan.

Dalam Sec 101 hubungan antara amerika serikat dan negara asia tengah dan kaucasus selatan poin (d) bahwa bantuan ekonomi adalah kebijakan Amerika Serikat untuk mengurangi kemiskinan di Asia Tengah dan Kaukasus Selatan melalui pertumbuhan ekonomi, mendorong pembangunan berkelanjutan melalui investasi swasta di semua sektor ekonomi, termasuk pertanian, pendidikan, pengembangan sektor swasta, dan peningkatan kapasitas, disatu sisi dalam sec 203 ditekankan kerja sama ekonomi dan perdagangan internasional.

Kongres berpendapat bahwa pemerintah Amerika Serikat harus terlibat dalam program dan kegiatan berikut yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan internasional dengan negara-negara di Asia Tengah dan Kaukasus Selatan. Sehingga secara tidak lengasung memiliki dampak terhadap negara-negara yang memiliki hubungan dengan negara tersebut (www.congress.gov).

Saat ini kondisi geopolinomic mengacu pada keamanan global dan tatanan ekonomi global pasca-perang yang diciptakan oleh barat sedang menghadapi tantangan, bangkitnya sistem keuangan alternatif, perombakan rantai pasokan, pergeseran kebijakan industry (Shailesh Kumar, 2023).

Geopolitik dan hubungan internasional secara nyata memiliki dampak jelas bagi pertumbuhan baik politik, ekonomi, dan sosial budaya di dalamya, sebagaimana ditekankan bahwa multinational corporate (MNC) membentuk lingkungan politik, dan perluasan tingkat analisis dari tingkat negara hingga tingkat sub-nasional dan supra-nasional memiliki korelasi dengan bisnis internasional dalam hal ini adalah hubungan internasional sehingga mendekatkan unsur ini kedalam geografi politik (Saittakari, et.al, 2023).

Pendapat tersebut dipertegas oleh (Storey, 2009) bahwa terjadi perubahan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan yang lebih luas dengan adanya pendekatan geopolitik dalam suatu negara, sehingga unsur geografi, ekonomi dan politik tidak bisa dipisahkan dalam ketahanan nasional suatu negara.

Liberalisasi perdagangan dan investasi memberikan pilar utama neoliberalisme, yang terkait dengan retorika liberal demokrasi sebagai pelayannya (Fukuyama, 1992). Sehingga perdagangan dan investasi menjadi faktor dalam geopolinomic yang berkaitan antara unsur ekonomi, geografi, dan politik.

Dapat disimpulkan bahwa geopolitik mempengaruhi semua elemen kehidupan dalam berbangsa dan bernegara baik tatanan politik, ekonomi, hingga sosial budaya. Geopolitik, geostrategi, dan geoekonomi pada dasarnya merupakan tiga lapisan dalam arena internasional yang bergerak dengan kecepatan yang berbeda dan dengan alasan yang berbeda.

Tantangan bagi para strategis adalah bahwa geostrategi tidak secara otomatis mencerminkan geopolitik begitu juga dengan geoekonomi secara general. Cara pandang suatu negara dalam menyikapi unsur tersebut akan menentukan kondisi kedepan negara dalam menghadapi kondisi secara global.

Sebagaimana penekanan Mackinder dalam studi mengenai konflik bahwa mengambil wawasan geopolitik dan menerapkannya pada peta strategis dunia pada posisi strategis yang optimal adalah posisi yang menggabungkan keterisolasian dan sumber daya yang lebih besar, sehingga pengambilan kebijakan dan keputusan secara geopolinomic menjadi penting dalam langkah percaturan Indonesia di kancah global.

Daftar Rujukan

  1. Storey. (2009). Political Geography. International Encyclopedia of Human Geography. https://doi.org/10.1016/B978-008044910-4.00794-X

Fukuyama, F. (1992). The end of history and the last man. New York: Free Press

Robert Giplin. 2001. Global Understanding Political The International Economy Order. Princeton University Press.

Saittakari, I., Ritvala, T., Piekkari, R. et al. (2023) A review of location, politics, and the multinational corporation: Bringing political geography into international business. J Int Bus Stud 54, 969–995 (2023). https://doi.org/10.1057/s41267-023-00601-6

Shailesh Kumar, 2023. 2023 Geopolitical Outlook  https://www.thehartford.com/insights/economic-trends/geopolitical-outlook-2023

https://www.congress.gov/bill/109th-congress/senate-bill/2749/text

Penulis:

– I Made Chandra Mandira

(Mahasiswa Doktor Ilmu Ketahanan Nasional UGM)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

October 22, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

October 22, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

October 22, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

October 22, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

October 22, 2023