Waspadai Potensi Obesitas Saat Pandemi COVID-19

Denpasar, BaliNews.id – Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua golongan untuk mewaspadai potensi munculnya obesitas di masa pandemi COVID-19.

“Saat masyarakat terfokus dalam mencegah penyebaran COVID-19, kewaspadaan terhadap penyakit lainnya juga menjadi wabah tetap harus di tingkatkan,” kata Ni Made Yuni Gumala, saat dihubungi di Denpasar, Jumat.

Salah satu penyakit yang berpotensi muncul karena anjuran di rumah saja selama pademi COVID-19 adalah obesitas. Sebenarnya obesitas sudah menjadi wabah dan sudah banyak sekali orang di dunia terkena obesitas, tambahnya.

Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala. (ANTARA/Ayu Khania Pranisitha/2020)

Ia menjelaskan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) persentase orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan lebih 13,6 persen dari jumlah penduduk. Sementara itu, untuk persentase orang-orang yang mengalami obesitas mencapai 28,1 persen dari jumlah penduduk.

BACA JUGA  Pemkab Badung Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah COVID-19

“Artinya bila dijumlahkan ada sekitar 30 persen lebih penduduk Indonesia mengalami berat badan lebih, jika dilihat berdasarkan data tersebut,” jelasnya.

Yuni mengatakan jika dilihat dari trennya semakin banyak orang Indonesia yang memiliki resiko berat badan berlebihan. Apabila dilihat tren lima tahun ke depan diprediksi angka kejadian obesitas akan meningkat.

Selain itu, berdasarkan Penelitian terbaru dari Univ.of North Caroline di Chapel Hill Amerika Serikat yang menemukan obesitas meningkat risiko kematian akibat COVID-19 hingga 48 persen. Kata dia, obesitas juga dikhawatirkan berdampak pada efikasi vaksin COVID-19 yang tidak optimal.

Facebook Comments

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya ยป

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id