Warga Aljazair Terlibat Pembobolan ATM Ditangkap

DENPASAR, BaliNews.id Buronan komplotan pembobol ATM Bank Mandiri,  Mirad Riad alias Philips (47) membuahkan hasil. Bule berkewarganegaraan Aljazair itu ditangkap Subdit III Direktorat Reskrimum Polda Bali.    

Informasi yang dihimpun, tersangka digerebek di tempat tinggalnya, Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 15.30 Wita di Jalan Taman Sari Home nomor 61 kamar nomor 5, Kerobokan, Kuta Utara.

Warga Aljazair Terlibat Pembobolan ATM

Diinterogasi polisi, tersangka mengaku ikut melakukan pencurian dengan pemberatan di ATM area SPBU Buruan di Jalan Bypass Darma Giri, Gianyar, bersama Roni Firmansyah Maulana, Tri Ito Yudiarsoyo dan I Wayan Kontal.  “Philip bertugas masuk pertama ke ATM kemudian menutup CCTV menggunakan lakban dengan tujuan untuk memudahkan rekannya beraksi,”ujar sumber petugas.   

BACA JUGA  Polisi Ungkap Pemalsuan Surat Sehat untuk Loloskan Pemudik

Dari tersangka disita barang bukti uang Rp 3.900.000, dua kartu ATM, dua HP serta mesin pompa yang dibeli dari hasil kejahatan.  Sementara, Kasubdit III Direktorat Reskrimum Polda Bali AKBP Ranefli Dian Candra membenarkan penangkapan Mirad Riad alias Philips. “Kami masih mendalami penyidikan,”ungkapnya.

Sebelumnya,  Tim Resmob Subdit III Direktorat Reskrimum Polda Bali mengungkap aksi pembobolan di mesin ATM  Bank Mandiri area SPBU Buruan Jalan Bypass Darma Giri, Gianyar, Rabu (27/5/2020).

Polisi awalnya menerima laporan dari Dwi Prasetyo. Pada Rabu (27/5/2020) sekitar pukul 07.00 Wita, ia melihat di grup Whatsapp kantor ada update dari Tim FLM bahwa CCTV di ruang ATM Bank Mandiri SPBU Buruan tertutup lakban. “Pelapor menanyakan kepada tim FLM situasi di TKP dan dilaporkan bahwa tiga kotak uang dalam mesin ATM hilang.

BACA JUGA  Siaran Pers Kemendikbud : Kolaborasi Pemerintah Dalam Pembukaan Sekolah Pada Masa Transisi dan Kebiasaan Baru

Ketiga kotak yang hilang tersebut masing-masing berisi uang sekitar Rp 200 juta.  Setelah melakukan penyelidikan, Roni Firmansyah diringkus di wilayah Denpasar kemudian Tri Ito Yudiarsoyo dibekuk di Batubulan, Gianyar dan I Wayan Konta di Jimbaran. Polisi mengamankan barang bukti uang Rp 333 juta, kaset CCTV dalam kondisi terbakar, mobil Toyota Agya serta magic com dan satu blender yang dibeli dari hasil pencurian.  Tersangka membongkar pintu brankas ATM menggunakan anak kunci.