Wali Kota Denpasar Ikuti Tahapan Verifikasi Sensus Penduduk 2020

Denpasar, BaliNews.id – Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan jajaran pejabat lainnya sudah mengikuti tahapan verifikasi serentak pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, meski di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar Eman Sulaiman di Denpasar, Rabu, mengatakan bahwa pandemi COVID-19 saat ini memberikan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Wali Kota Denpasar ikuti tahapan verifikasi Sensus Penduduk 2020
Wali Kota Denpasar ikuti tahapan verifikasi Sensus Penduduk 2020 (ANTARA/ I Komang Suparta/Ist/2020)

Ia mengatakan Sensus Pendudukpada September merupakan satu rangkaian dengan Sensus Penduduk yang telah dilaksanakan sejak Februari hingga Mei 2020.

Karena pandemi COVID-19, saat ini terjadi perubahan model pelaksanaan sensus penduduk, di mana sensus yang sebelumnya menggunakan metode wawancara, saat ini diubah dengan menggunakan sistem verifikasi.

BACA JUGA  Pertahankan Wanita Bali

“Terjadi perubahan model yang sebelumnya direncanakan wawancara, saat ini hanya menggunakan sistem verifikasi penduduk. Kegiatan ini hanya untuk memastikan keberadaan penduduk, apakah ada perubahan tempat tinggal, ada penambahan jumlah, atau ada pengurangan dan perpindahan penduduk. ‘Output’ adalah data penduduk secara de facto, sedangkan data de yure sudah ada data administrasi,” ujarnya

Sebanyak 610 petugas dilibatkan dengan disebar ke seluruh wilayah Kota Denpasar. Masyarakat diimbau untuk menyiapkan kartu keluarga sebagai data pembanding dalam pelaksanaan verifikasi.

“Petugas sensus penduduk akan mendatangi rumah masyarakat untuk menanyakan secara langsung lokasi penduduk berdasarkan data administrasi, dan pelaksanaanya pun tidak terlalu lama dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

BACA JUGA  Seorang Warga Depeha Ditemukan Tewas Di Dalam Warung

Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra mendukung pelaksanaan verifikasi yang digelar dengan pola adaptasi kebiasaan baru. “Karena memang sulit melaksanakan wawancara di masa pandemi COVID-19,” katanya.

Namun demikian, kata dia, dengan pola verifikasi berbasis data administrasi maka keberadaan penduduk dapat disensus dengan maksimal. Selain itu, petugas dan masyarakat juga tidak melaksanakan kontak yang terlalu lama.

“Selamat dan sukses dalam melaksanakan Sensus Penduduk Tahun 2020. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tingkatkan kewaspadaan diri dan jaga kesehatan,” ujar Rai Mantra. (an)

Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Maximianus Hari Atmoko

Facebook Comments

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id