TNI AD Buka Rekrutmen Calon Bintara, Ini Persyaratannya

Denpasar, BaliNews.id  – TNI Angkatan Darat kembali membuka pendaftaran penerimaan calon bintara (Caba) sebanyak 3.500 orang, terdiri dari 3.325 pria dan 175 wanita.   

Khusus Kodam IX/Udayana, kuota yang dialokasikan 227 orang dengan rincian Caba  PK pria 215 orang (empat orang memiliki keahilan) dan 8 orang wanita. “Penerimaan Caba PK TNI AD tahun anggaran 2020 dimaksudkan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD sehingga para generasi muda yang berminat untuk meniti karier dibidang militer diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mendaftarkan diri,”ujar Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav. Jonny Harianto G., dalam siaran pers, Senin (27/7/2020).  

TNI AD Buka Rekrutmen Calon Bintara,
TNI AD Buka Rekrutmen Calon Bintara,

Adapun persyaratannya,  calon peserta merupakan WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI, sekurang-kurangnya berumur 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pendidikan pertama dibuka tanggal 28 September 2020,  tidak memiliki catatan kriminalitas, sehat jasmani dan rohani, tidak berkacamata, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Persyaratan lainnya : Laki-laki dan/atau perempuan, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan, berat badan seimbang, berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri ataupun swasta yang terakreditasi sesuai persyaratan nilai rata-rata dengan ketentuan antara lain, lulusan SMA/MA/SMK tahun 2016 nilai ujian nasional rata-rata minimal 50, Lulusan SMA/MA/SMK,  tahun 2017 nilai ujian nasional minimal 40 untuk reguler dan unggulan, lulusan SMA, MA/SMK tahun 2018 nilai ujian nasional minimal 39 untuk reguler dan unggulan, lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019 nilai ujian nasional minimal 40,5 untuk reguler dan unggulan, lulusan SMA/SMK tahun 2020, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) adalah 68.

Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama, bersedia menjalani Ikatan Dinas (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Indonesia.

Selain itu, wajib memenuhi persyaratan tambahan diantaranya, ada surat persetujuan orang tua/wali,  bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan diluar naungan Kemendikbud harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud, tidak bertato/bekas tato dan ditindik/bekas ditindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, bersedia mematuhi peraturan bebas KKN, bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI, mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi; administrasi, kesehatan jasmani,  mental Ideologi, psikologi, akademik dan keahlian masing-masing.

Waktu pendaftaran dimulai 27 Juli- 8 Agustus 2020 dilaksanakan secara online melalui alamat webside : http://ad.rekrutmen-tni.mil.id dan informasi/keterangan lebih lanjut bisa didapat : Ajendam IX/Udayana, Jln. PB. Sudirman Denpasar Bali, Ajenrem Tipe “A”  161/WS, Jln. Cendana Kupang NTT  dan Ajenrem Tipe “B” 162/WB, Jln. Malomba Mataram NTB.

Setelah mendaftar secara online, pendaftar datang ke Ajendam/Ajenrem, untuk mendaftar ulang dengan membawa persyaratan : KTP calon dan foto copy KTP orang tua/wali, Kartu Keluarga dan Akte kelahiran, Ijazah, NEM/NUAN asli (SD, SLTP, SLTA) beserta raport,  masing-masing foto copy rangkap 1 dikumpul dengan menggunakan map hijau dan pas foto 4×6 hitam putih 2 lembar. “Penting diketahui Bersama bahwa selama proses penerimaan tidak dipungut biaya dan bebas KKN”, tegas Kapendam.  (du)

BACA JUGA  Mayjen TNI Kurnia Dewantara Jabat Pangdam IX/Udayana

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id