Terinspirasi dari Nyoman Parta, CUT Gelar Kegiatan PLASTIC EXCHANGE

Gianyar, BaliNews.id – Beranjak dari keprihatinan akan banyaknya tebaran sampah plastik di wilayah Desa Kenderan, Tegalalang, Gianyar, sebagai warga Desa Kenderan dan juga Ketua Yayasan Tegalalang Resik Pertiwi serta Ketua Komunitas Clean Up Tegalalang (CUT), I Nyoman Buda Antara bersama anggota CUT lainnya merasa terpanggil ikut berkontribusi membantu Pemerintahan Desa Kenderan, untuk mengatasi permasalahan tebaran sampah plastik tersebut.

Terinspirasi dari postingan akun FB Nyoman Parta tentang kegiatan PLASTIC EXCHANGE di Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, akhirnya I Nyoman Buda Antara bersama anggota CUT lainnya berkoordinasi dengan Anggota DPR RI, I Nyoman Parta, untuk melaksanakan kegiatan PLASTIC EXCHANGE (Penukaran Poin Plastik Bekas Dan Kertas dengan Beras) di Desa Kenderan. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu (9/8) ini, bisa terselenggara berkat dukungan dana dari donatur. Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatannya  Yayasan Tegalalang Resik Pertiwi dan CUT bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Kenderan (Dinas dan Adat).

BACA JUGA  Komisioner KPU Jembrana Sembuh Dari COVID-19
Terinspirasi dari Nyoman Parta, CUT Gelar Kegiatan PLASTIC EXCHANGE
Terinspirasi dari Nyoman Parta, CUT Gelar Kegiatan PLASTIC EXCHANGE

I Nyoman Buda Antara, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mengelola dengan memilah sampah dari sumbernya. Penukaran plastik bekas dan kertas kardus dengan beras ini hanya sebagai motivasi agar masyarakat mau memungut dan  mengumpulkan plastik bekas dan benda bekas pakai palinnya agar tidak lagi dibakar atau berserakan di lingkungan sekitar termasuk mencemari sungai serta persawahan petani.

“Kegiatan ini kami persiapkan hanya dalam waktu 4 hari, awalnya saya dan anggota CUT lainnya sangat pesimis akan kehadiran masyarakat untuk menukarkan plastik bekasnya. Tapi, alangkah terkejutnya kami ketika pagi tadi warga datang berbondong-bondong membawa plastik bekas dan kertas kardus ke lokasi kegiatan di Balai Serbaguna Desa Adat Manuaba,” tegasnya.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id