Balinews.id

Tak Malu, Mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Gianyar Pilih jadi Petani Usai Purna Tugas

 

Bertani jadi pilihan I Putu Gede Bayangkara setelah pensiun menjadi ASN (sumber foto: istimewa)

Balinews.id – Memasuki purna tugas, mantan Kepala Dinas Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Gianyar, I Putu Gede Bayangkara memilih menjadi petani untuk isi mengisi waktu. Bapak tiga anak ini mengaku tidak malu menjadi petani, walaupun anaknya ada yang menjadi dokter dan juga Perwira Polri.

Ia mengatakan, setelah mengabdikan diri sebagai ASN lebih dari 30 tahun, ia memilih kembali ke alam dengan menjadi petani.

“Lebih dari 30 tahun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ada keinginan mencari aktifitas baru dan menjadi petani adalah pilihan saya. Kalau dulu mengabdikan diri ke pemerintah, sekarang saya mengabdikan diri untuk alam,” ujarnya, Rabu (23/8/23).

Ia juga mengatakan menjelang purna tugas, dirinya sudah mulai menjadi petani dengan menggarap beberapa lahan tanahnya di seputaran Pura Taman Pecampuan Sala, Abuan, dan juga di beberapa wilayah Bangli.

Bersama beberapa petani, Bayangkara yang purna tugas diakhir tahun 2022 lalu, menggarap beberapa hektar lahan pertaniannya. Ia juga mengungkapkan kalau dirinya tak merasa  canggung berbaur dengan petani.  Mulai dari pohon cabe, pohon durian, pohon alpukat dan beberapa pohon lainnya ditanamnya bersama petani lainnya.

“Saya datang tidak untuk mengawasi, tetapi juga ikut langsung menjadi petani. Saya biasa mencangkul tanah dan juga menyakitkan rumput,” akunya.

Menurutnya menjadi petani adalah pilihan terbaik, karena secara tidak langsung bersentuhan dengan alam.

“Petani tidak hanya menikmati hasil pertanian saja, tetapi lebih dari itu. Petani juga ikut merawat kelestarian alam,” pungkasnya. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

August 23, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

August 23, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

August 23, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

August 23, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

August 23, 2023