Seorang Pedagang Pisang Goreng  Asal Samplangan Positif  Covid-19

Gianyar, BaliNews.id – Transmisi lokal Covid-19 kembali terjadi di Kabupaten Gianyar. Pedagang Pisang goreng, SANS (47) asal Kelurahan Samplangan Gianyar dinyatakan positif terpapar Covid-19. Sebelumnya SANS mengeluhkan sesak nafas, mulai dua minggu yang lalu. Penderita juga mengaku sempat berobat ke seorang dokter praktek swasta, dengan keluhan sesak nafas dan batuk. 

Samplangan Positif  Covid-19

Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar, Gusti Ngurah Wicaksana Widyha Utama, Minggu (31/5/2020) mengatakan, bahwa yang bersangkutan terkonfirmasi  positif covid-19 setelah dilakukannya test swab sebanyak dua kali. “Pada tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab pertama, kemudian dilanjutkan lagi pada tanggak 30 Mei dilakukan pengambilan swab yang kedua. Hasil yang keluar menunjukan yang bersangkutan positif sar cov 2 (covid-19),” ujarnya.

BACA JUGA  Kasus Sembuh Covid-19 Akan Terus Bertambah

Dikatakan, bahwa pada awalnya yang bersangkutan sempat mengeluh sesak nafas sejak dua minggu yang lalu. Kemudian sempat melakukan pengobatan ke dokter praktek dan sempat ke RS Family Husada. “Tanggal 28 Mei 2020 siang, yang bersangkutan dirujuk ke RS Sanjiwani Gianyar dengan diagnosa bronchitis dan dilakukan rapid test yang menunjukan reaktif,” ujarnya.

Saat ini, yang bersangkutan tengah dirawat di ruang kamboja atau isolasi RSUD Sanjiwani Gianyar. “Sedangkan untuk kontak eratnya adalah suami dan dua orang anaknya kita lakukan rapid test, rencana tindak lanjut tracking kontak sudah dilakukan dari sore (Sabtu, 30 Mei 2020). Rapid test atau swab pada kontak erat,” ujar pria yang biasa disapa BEM ini.

BACA JUGA  Muncul Transmisi Lokal, Puluhan Warga Petulu Dirapid Test

Ketua Harian Percepatan Penanggulangan Covid-19, Made Wisnu Wijaya mengungkapkan, penderita merupakan pelaku UMKM pembuat pisang goreng, menjual pisang gorengnya pada beberapa pedagang di sekitar rumahnya. “Kita akan tracing sebelum melakukan rafid tes di sekitar lingkungan dan sekitar lokasi penjualan pisang gorengnya,” jelasnya (kda).