SEMBILAN ORANG PENYALAHGUNA NARKOBA DITANGKAP

inset Para tersangka, Baju Orange

BULELENG, BaliNews.id, – Sebanyak 9 orang penyalahguna narkoba yang ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Buleleng. Penangkapan 9 orang penyalahguna narkoba dilakukan selama bulan Mei, dari tanggal 3 Mei hingga tangkapan terakhir pada 20 Mei lalu. Penangkapan ke-9 orang penyalahguna narkoba terjadi di tujuh Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda.

Kasat Narkoba Polres Buleleng, AKP I Made Derawi, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah media di Mapolres Buleleng, Rabu (27/5), sembilan orang pelaku yang diamankan dari 7 kasus berbeda. Pengungkapan kasus tiga pertama, mengamankan tiga warga Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar Buleleng. Mereka yakni Putu Hendi Meilana alias Debah, 35, yang diamankan pada Minggu (3/5) pukul 20.30 wita di wilayah Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak. Sehari setelahnya menyusul Dewa Komang Krisna Adi Putra alias Dewa Deler, 28 yang diamankan di depan SMPN 3 Banjar dengan dua paket sabu tangannya seberat 2 gram. Pelaku ketiga asal Desa Sidetapa dengan TKP penangkapan sama kembali dipetik pada Sabtu (9/5) dengan barang bukti seberat 1 gram yang dibawa Komang Sujana, 27. 

BACA JUGA  Selama Pandemi Covid-19 Pendapatan PDAM Gianyar Menurun

Selain itu, Satnarkoba Polres Buleleng juga berhasil mengungkap satu jaringan lain yang beroperasi di sekitar Kecamatan Buleleng. Pengungkapan satu jaringan ini diawali penangkapan Kadek Agus Darma Kusuma alias Dek Agus pada Sabtu (9/5) di perempatan jalan Ayani-Pantai Penimbangan. Personil Satnarkoba Polres Buleleng mendapati dua paket sabu seberat 0,67 gram. 

inset : Para Tersangka Penyalah Guna Narkoba

“Dari penangkapan Kadek A kami lakukan pengembangan dan pendalaman kemudian terungkap dua pelaku lain, yang diakui Kadek A sumber barang yang dia bawa,” ungkap AKP Derawi. 

Dua pelaku lain yang terkait satu jaringan dengan Dek Agus, juga ditangkap. Pemasok sabu yang dibawa Dek Agus ternyata berasal dari Ketut Suriadi Alias Datuk, 30, warga Banjar Dinas Pasar, Desa Anturan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Pelaku diamankan langsung dirumahnya dengan satu paket barang bukti tambahan. Selanjutnya polisi berhasil menangkap satu lagi pelaku lainnya yang diduga bekerjasama dengan Datuk yakni Kadek Santiawan, 40 yang juga berasal dari Desa Anturan. 

BACA JUGA  Pangdam Yakinkan Kpu Pilkada Serentak Aman

Satnarkoba Polres Buleleng juga mengamankan satu pemakai narkoba Komang Cipta Hantriana, 31, warga Banjra Dinas Celagi Batur, Desa Bondalem, Tejakula. Dia didapati membawa satu paket sabu seberat 0,56 gram saat melintas di wilayah Banjar Dinas Kloncing, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan Buleleng pada Jumat (15/5) pukul 17.30 wita. Tangkapan terakhir di bulan Mei terjadi pada Rabu (20/5) pukul 17.30 wita, mengamankan dua orang pengedar narkoba yang beralamat di lingkungan Mekar Buana, Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat, Kodya Denpasar. Keduanya yakni Yuda Prabowo alias Yuda, 34, dan Asep Muharam alias Asep, 42.  Yuda dan Asep disanggong di Banjar Dinas Asah Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Buleleng dengan barang bukti cukup banyak dengan total 15,57 gram. 

BACA JUGA  BULAN JULI SELURUH DTW DI BULELENG AKAN DI BUKA

“Saat melakukan penggeledahan badan, dua paket sabu, kami temukan di dalam bekas bungkus rokok yang disimpan di tas selempang coklat, sejumlah narkoba ini memang akan diedarkan di Buleleng,” jelasnya. 

AKP Derawi menetapkan Yuda, Asep dan juga Ketut Suriadi alias Datuk sebagai pengedar dengan sangkaan pasal 114 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. Sedangkan enam pelaku penyalahguna lainnya ditetapkan sebagai pemakai dan dikenakan pasal 112 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun. (JAR)