Sebagai Venue Piala Dunia U-20 tahun 2021, Perbaikan Stadion Dipta Masuki Tahap Tender

GIANYAR – Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, secara resmi ditunjuk sebagai salah satu dari enam stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Renovasi stadion yang merupakan home base Bali United tersebut, segera dilakukan. Proposal yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar sudah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hal itu diungkapkan Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dikatakanya, perbaikan Stadion Kapten I Wayan Dipta mendapatkan Rp. 50 M dari Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Sudah disetujui, khusus untuk Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar kita mendapat Rp 50 Miliar dari Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujarnya.

Diubgjapkanya, pihaknya tengah menyiapkan kelengkapan Detail Engineering Design (DED) Stadion Kapten I Wayan Dipta yang ditarget selesai dalam waktu dekat. Seluruh kelengkapan itu diperlukan karena proyek tahun ini sudah akan memasuki tender.

BACA JUGA  Nakes Puskesmas Gianyar 2 Positif Covid-19

“Kami siapkan DED-nya sudah harus dilengkapi, karena tahun ini sudah harus ditender, detailnya nanti dijelaskan kepala Bappeda Gianyar,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pengelola stadion yakni manajemen Bali United untuk merancang dibagian mana yang akan dilakukan renovasi.

“Kita koordinasi bersama pihak manajemen Bali United disesuaikan dengan gambar yang telah disiapkan. Kesiapan kita sebagai tuan rumah, kan sudah cukup bagus sekali. Anggarannya besar, sekarang dengan anggaran Rp 50 M kita rancang dulu apa saja yang urgen,” jelasnya.

Ditanya mengenai proses renovasi stadion ditengah pandemi COVID-19, Mahayastra mengaku tetap akan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

“Arahan bapak presiden selain kita melawan COVID-19 yang lebih sulit adalah pemulihan perekonomian jadi ini adalah suatu langkah nyata utuk itu, dalam pelaksanaannya tentu tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” tuturnya.

BACA JUGA  Aneh, Patung Nyi Rorol Kidul di Pantai Waterblow

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, I Gede Widarma Suharta mengatakan, perbaikan stadion yang menjadi satu diantara venue Piala Dunia U 20 tahun 2021, memasuki tahap tender. “Kita tidak bisa memantau sejauh mana perkembangannya  karena semuanya dikerjalan di pusat. Proyek itu, kerjasama antara Kementrian PUPR, PSSI dan Kono Pusat. Kita tinggal terima bangunan sudah jadi,” jelasnya. (DT)