Satu Warga Payangan Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19 

GIANYAR, BaliNews.id – Kasus positif SARS-COV-2, kembali bertambah, salah satunya merupakan warga Payangan, yakni SAKP (51) seorang ibu rumah tangga beralamat  Banjar Triwangsa, Desa Kelusa, Payangan.

Sedangkan 3 Kasus lainya, yaitu NKN (58) alamat Kaplingan Aspol Banjar  Sasih, Desa Batubulan, Sukawati; PWA (22) alamat KTP Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dengan alamat tempat tinggal Jl. Sinta, Bitra, Gianyar dan NWN (74) alamat Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar. Hal itu diungkapkan Ketua Harian GUGUS Tugas Percepatan Penangan Covid-19, Made Gede Wisnu Wijaya, Jumat (19/6).

 

Lebih lanjut diungkapkanya, terjadi penambahan empat kasus positif Covid-19. Kasus 1, yakni SAKP (51) jenis kelamin perempuan, pekerjaan IRT, alamat Br. Triwangsa Ds. Kelusa Payangan. Kronologisnya, pada 4 Juni 2020, yang berobat ke dokter praktek swasta yg berada di Ds. Keliki. Mempertibangkan kondisi yang bersangkutan selanjutnya dirujuk ke RS. Payangan dan ditangani dokter UGD dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan diagnosa DHF great 1.

Kemudian pada 5 Juni 2020 sekitar pukul 01.30 wita (dini hari) kondisi pasien tidak memungkinkan untuk dirawat di RS. Payangan, selanjutnya pihak RS.Payangan melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Rujukan lanjutan dan akhirnya dirujuk ke RSPTN UNUD. “Sesuai SOP Rumah Sakit pasien yg MRS dilakukan pengambilan swab dengan hasil negatif,” jelasnya.

BACA JUGA  Bobol ATM Modus Skimming, Bule Estonia Diamankan

Pada 10 Juni 2020, yang bersangkutan mejalani test swab kedua, hasilnya positif SARS-COV-2, dan hasil baru diterima Kabupaten 19 Juni 2020. “Selanjutnya akan dilakukan test, tracing, treatment dan isolasi bagi kontak erat,” jelasnya.

Kasus 2, NKN (58) jenis kelamin perempuan. Yang bersangkutan merupakan PNS POLDA Bali, tinggal di Kaplingan ASPOL Br. Sasih Ds. Batubulan. Kronilogisnya, pada 8 Juni 2020, di POLDA Bali diselenggarakan sekrining atau rapid test bagi seluruh Anggota polisi POLDA Bali. Pada saat itu sudah muncul gejala khas SARS-COV-2, yakni kehilangan indra penciuman dan demam, kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Selanjutnya, pada 15 Juni 2020 dilakukan swab di RSUP Sanglah, tanggal 17 Juni 2020 hasil swab disampaikan pihak Balai Laboratorium RSUP Sanglah dengan hasil Positif. Pada 18 Juni 2020 sekitar pkl 23.30 wita Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gianyar dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes. menerima informasi dari Kepala DOKDAKES POLDA BALI, bahwa salah satu anggotanya yang merupakan PNS POLDA Bali dinyatakan positif SARS-COV-2.  “Informasi tersebut diteruskan ke tim surveillance Kabupaten Gianyar, untuk segera dilakukan Penyelidikan Epidemiologi,” jelasnya.

BACA JUGA  Dalam Dua Hari, 12 Pasien Covid-19 Sembuh Di Gianyar

Pada 19 Juni 2020, Tim Surveillance Kabupaten dan petugas Puskesmas Sukawati 2 melakukan tracing dan rapid test sebanyak 7 orang dan 3 diantaranya hasilnya reaktif dan selanjutnya ke 3 orang tersebut akan dilakukan swab di RSUD Sanjiwani. “Yang bersangkutan telah di karantina di BAPPELKES Prov. Bali dan sore ini rencana dirujuk ke RSPTN UNUD, mengingat usianya merupakan kelompok risiko yg perlu penanganan yg lebih intensif,” ungkapnya.

Kasus 3, PWA (22) alamat KTP Banjarangkan Klungkung dan alamat tempat tinggal : Jl Sinta No. 1 Bitra Gianyar. “Kronologisnya, yang bersabgkutan merupakan OTG dari kasus positif dari nakes RS swasta di Gianyar. Pada15 Juni 2020,  kehilangan rasa penciuman dan batuk-batuk. Selanjutnya pada 17 Juni 2020 diambil swab 1 dan hasilnya positif.  Rencananya yang bersangkutan akan dirawat di RS Sanjiwani Gianyar. Sedangkan pada 20 Juni 2020 Puskesmas Gianyar 2 akan melakukan tracing,” ujarnya.

BACA JUGA  Usai Santap Daging Anjing, Empat Pemuda NTT Ditangkap

Kasus 4, NWN (74) alamat Banjar Pande Desa Tulikup Gianyar. Yang bersangkutan di swab pada 17 Juni 2020, hasilnya keluar pada 19 Juni 2020. Adapun kronologis, yang bersangkitan merupakan kontak erat (OTG) dari cucunya yang seorang nakes. Pada 9 Juni 2020, yang bersangkutan terakhir bertemu dengan cucunya. “Pada 17 Juni 2020 diambil swab di RSU Sanjiwani Gianyar dan pada 19 Juni 2020 hasil PCR positif Sar Cov-2 (Covid 19). Penderita akan dirawat di Ruang Kamboja (Isolasi) RSU Sanjiwani Gianyar,” pungkasnya. (DT)