Sampai Dirumah Duka Jenazah Kapten Cpn Kadek Udi, Disambut Isak Tangis Keluarga

Buleleng, BaliNews.id, – Suasana duka, menyelimuti rumah duka almarhum Kapten Cpn Kadek Udi Suardiasa,32, di Banjar Dinas Mawar, Desa Tukad Sumaga, Kecamatan Gerokgak Buleleng. Belasan anggota TNI Angkatan Darat dan keluarga, nampak menanti kedatangan jenasah Almarhum. Kapten Cpn Kadek Udi dinyatakan meninggal dunia, dalam kecalakaan helly yang terjadi di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, pada Sabtu (6/6).

Tepat pukul 17.50 Wita, Minggu (7/6) jenasah tiba dengan mengunakan ambulan dan pengawalan dari TNI. Tangis keluarga tak terbendung, ketika peti jenasah berbalut bendara merah putih, diturunkan dari ambulan ke tempat persemayaman, dirumah duka.

Sosok almarhum Kapten Cpn Kadek Udi Suardiasa, merupakan sosok yang sangat dibanggakan oleh keluarga. Selama empat tahun lamanya, almarhum belum sempat untuk pulang, kerumah, di Desa Tukad Sumaga, Kecamatan Gerokgak Buleleng. Almarhum kerap memberikan kabar kepada keluarga melalu telpon  hampir setiap minggu. Almarhum merupakan lulusan akademi militer tahun 2008.
Sepupu almarhum, Putu Aris (56) mengatakan, berita duka ini diterima oleh pihak keluarga pada Sabtu malam melalui berita yang tersiar di televisi. Pihak keluarga kemudian mendapatkan informasi resmi dari anggota TNI pada Minggu (7,6) dinihari sekira pukul 01.00 wita. “Orangtuanya jelas sangat syok, karena almarhum ini adalah anak kesayangan, dan sangat dibanggakan. Karena diusianya yang masih sangat muda (33 tahun,red) dia berhasil menjadi pilot,” kata Aris.

BACA JUGA  Muncul Transmisi Lokal, Puluhan Warga Petulu Dirapid Test

Cita-cita menjadi seorang pilot sudah diimpikan oleh almarhum sejak masih duduk dibangku SMP. Setamatnya ia kuliah sebagai Sarjana Sosial tahu 2014, almarhum langsung melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer, dan tercatat lulus pada tahun 2008. Setelah itu, almarhum kembali melanjutkan pendidikan militernya di Diklapa II Penerbad dan lulus pada tahun 2018. Dan terakhir meneruskan pendidikan di Suspabangtih MI-17 V5, lulus pada tahun 2019. Saat ini, Kapten Udi tercatat sebagai anggota dikesatuan Skadron-31,Serbu Puspanerbad Semarang. “Sejak masih SMP, dengan tegas mengatakan ingin menjadi Pilot. Sejak bertugas sebagai Anggota TNI, dia memang sulit untuk pulang ke Buleleng sehingga jarang bertemu dengan keluarga,” terang Aris.

BACA JUGA  Pangdam IX/Udayana Vidcon Percepatan Penanganan Covid-19, Ini Arahan Presiden Jokowi

Almarhum Kapten Cpn Kadek Udi Terakhir Menjabat sebagai, Wadaflite Heli C Dron-31/Serbu Puspenerbad, Skadron-31/Serbu Puspanerbad, Semarang Jawa Tengah. Almarhum merupakan anak terakhir dari dua bersaudara, pasangan I Ketut Gitarayasa dan Ni Made Arini. Kakak almarhum, Putu Yudi Eka Suarsana, juga merupakan anggota tni aktif yang bertugas di Kodim 1619/Tabanan.

Almarhum meninggalkan seorang istri yang tengah mengandung tiga bulan dan satu orang putri. Keluarga akan menggelar upacara pengabenan untuk almarhum pada tanggal sepuluh juni menadatang. Upacara pengabenan akan dilangsungkan di Setra Desa Adat Tukad Sumaga, Kecamatan Gerokgak Buleleng.

Sementara Dandim 1609,Buleleng Letkol Inf Muhamad Windra Lisrianto saat ditemui di rumah duka mengatakan upacara pengabenan almarhum Kapten Udi rencananya akan dilakuakan pada Rabu (10,6) di Setra Adat Desa Tukad Sumaga. “Tadi jenazah sudah diterima oleh Pangdam IX,Udayana Mayjen TNI Benny Susianto di Bandara Ngurah Rai. Jenazah diberangkatkan dengan pesawat Cassa AD dari Semarang, langsung ke Bandara Ngurah Rai,” singkatnya. (JAR)

Foto: Jenazah Kapten Cpn I Kadek Udi Suardiasa di rumah duka, Banjar Dinas Mawar, Desa Tukad Sumaga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, pada Minggu (7,6) pukul 17.50 wita.

BACA JUGA  Bangun Jembatan Siangan - Petemon, Pemkab Gianyar Gelontorkan Rp 12 M 

Biodata
Nama : Kapten CPN I Kadek Udi Suardiasa, S.Sos
Kelahiran : Tukadsumaga,  18 Juni 1987
Asal : Banjar Dinas Mawar, Desa Tukadsumaga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng
Orangtua:  I Ketut Gitarayasa (ayah), Ni Made Arini (ibu)
Istri : Ni Wayan Arlisa
Anak : Ni Putu Arsiva Naylakalyani
Pendidikan :
– SDN 3 Tukadsumaga (kelas 1 sampai kelas 2)
– SDN 1 Kerobokan Kaja Denpasar (kelas 3 sampai kelas 6)
– SMPN 4 Denpasar
– SMAN 1 Badung
– S1 Sosial 2014
– Akmil 2008
– Diklapa II Peberbad 2018
– Suspabangtih MI-17 V5 2019
Jabatan Terakhir : Wadaflite Heli C Dron-31,serbu puspenerbad
Kesatuan : Skadron-31,Serbu Puspanerbad
Bintang Jasa : Satya Lencana Santi Dharma.