Ruang Kendali PDAM Denpasar Tingkatkan Layanan Masyarakat

Denpasar, BaliNews.id – Wali Kota Denpasar, Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra meresmikan Ruang Kendali Dharma Negara Niyatatirta milik Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sewakadharma Kota Denpasar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Kamis, mengapresiasi adanya Ruang Kendali Dharma Negara Niyatatirta untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat, dan langkah ini menunjukkan tingkat operasional yang semakin berkembang terkait penyediaan air bersih di Kota Denpasar.

“Dibutuhkan adaptasi terutama di masa pandemi ini terkait standar operasional prosedur pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan ‘control room’ ini dapat merespons pengaduan masyarakat dengan lebih cepat serta dengan sigap mendeteksi jika terjadi kerusakan/gangguan pada fasilitas, terutama bila terjadi gangguan pasokan air karena faktor alam,” ujar Rai Mantra.

BACA JUGA  BULELENG-BLT-DANA DESA KALIANGET DISALURKAN LANGSUNG KERUMAH WARGA PENERIMA
Ruang Kendali PDAM Denpasar tingkatkan layanan masyarakat
Wali Kota Denpasar Rai Mantra meresmikan “Control Room Dharma Negara Niyatatirta”untuk tingkatkan pelayanan masyarakat. (ANTARA/ I Komang Suparta/Ist/2020)

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan “Control Room Dharma Negara Niyatatirta” diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu saja peningkatan ini mengikuti perkembangan teknologi di masa kini dibutuhkan efisiensi dan kecepatan dalam merespon pengaduan dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan atau masyarakat,” ucapnya.

Sementara Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma, Ida Bagus Gede Arsana mengatakan keberadaan “Control Room Dharma Negara Niyatatirta” merupakan implementasi dukungan berkelanjutan terhadap program “Denpasar Smart City”, mewujudkan misi pelayanan prima berbasis teknologi informasi menuju Era 4.0 Digitalisasi Tahun 2020.

Dalam proses pengolahan air mulai dari hulu (produksi) hingga hilir (pelanggan) akan terus dikembangkan sebagai muara menyatukan pelayanan scada system produksi, aplikasi pemantauan pressure dan flow pada jalur distribusi dan sumur, sistem distribusi air bersih (SIDAB), pemantauan keluhan pelanggan melalui aplikasi Pro-Denpasar serta pemantauan kondisi sumber air baku melalui CCTV.

BACA JUGA  Dua Pengiat Lingkungan Buleleng, Wakili Bali Seleknas Pemuda Pelopor 2020

Ia mengatakan dengan adanya Dashboard Online Control Room ini diharapkan dapat memenuhi ekspektasi sebagai media yang up to date secara real time. Selain juga dapat berfungsi sebagai media informasi dan edukasi yang cepat kepada masyarakat, serta fasilitas ini kedepan dapat dihubungkan dengan pengelolaan data pelayanan yang dikelola Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma dan Pemkot Denpasa.

“Keberadaan control room ini juga berfungsi untuk melakukan monitoring, menganalisa dan melakukan kontrol terhadap operasional proses produksi dari air baku menjadi air bersih sekaligus proses distribusinya sampai ke pelanggan secara online,” kata Arsana. (an)

Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Agus Salim

Facebook Comments

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id