Ribuan Personel Gabungan Dikerakhkan Menjelang Pilkada 2020

Denpasar, BaliNews.id – Sebanyak 5.410 personel gabungan Polri, TNI hingga jajaran Desa Adat setempat dikerahkan dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020. “Jadi total personel ada 5.410 personel, yang sifatnya gabungan. Dari Bawah Kendali Operasi (BKO) TNI ada 625 orang dan BKO Polda Bali 2.147 orang, sisanya di-back up personel Polres/Polresta,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Syamsi saat dihubungi di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan bahwa personel yang dilibatkan ada 5.410 orang dan mengamankan 5.829 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada.

Pengamanan TPS dibagi menjadi tiga klasifikasi dari status aman, rawan dan sangat rawan serta TPS Khusus. Untuk TPS Khusus hanya ada lima lokasi. Kemudian, TPS Aman ada 3.673 lokasi, TPS Rawan 2.112 lokasi dan TPS sangat rawan ada 39 lokasi.

BACA JUGA  Terlibat Curanmor, Residivis Kambuhan Ditembak
Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Menjelang Pilkada 2020 Bali
Ilustrasi-Salah satu pasangan calon kepala daerah Kota Denpasar setelah melakukan pendaftaran di KPU Denpasar, Jumat (4/9/2020). (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2020)

Kategori aman itu ya lokasinya tidak jauh dan mudah ditempuh, tidak ada konflik sosial di sana sehingga dianggap aman. Kategori rawan itu pernah terjadi konflik sosial dan sebelumnya pernah terjadi dan ada di situasi kerawanan. Sedangkan kategori sangat rawan pernah terjadi konflik sosial yang tinggi di daerahnya. Serta TPS Khusus itu untuk masyarakat disabilitas,” jelas Syamsi.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id