Rayakan Siwararti, Komunitas Belog Ajum Pakudui Doakan Covid-19 Cepat Berlalu

Komunitas Belog Ajik Pakudui, Desa Kedisan Tegalalang, melaksanakan persembahyangan di Pura Puncak Penulisan dan Ulundanu Batur, serangkaian hari Siwaratri, Selasa (12/1).

GIANYAR,BaliNews.id– Komunitas Belog Ajum Pakudui, Desa Kedisan Tegalalang, melaksanakan persembahyangan di Pura Puncak Penulisan dan Ulundanu Batur, serangkaian hari Siwaratri, Selasa (12/1). Hal itu diungkapkan salah satu anggota Komunitas Belog Ajum, Gede Ari Gitana.

Lebih lanjut dikatakanya, hari ini merupakan payogan Sang Hyang Siwa dan dipercaya saat malam Siwaratri sebagai malam yang paling gelap. Dalam melaksanakan Siwaratri ini, umat akan melaksanakan brata mulai dari puasa, jagra, maupun ada yang melaksanakan mona brata.

“Pelaksanaan Siwaratri ini juga berkaitan dengan kisah seorang pemburu bernama Lubdaka dalam kakawin Siwaratri karya Mpu Tanakung,” jelasnya.

Hanya saja, karena dalam suasana Pandemi Covid-19, komunitasnya merayakan Siwaratri dengan melaksanakan persembahyangan bersama di beberapa pura. “Kami mengharapkan agar Pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga perekonomian bisa pulih kembali seperti dulu,” harapnya.

BACA JUGA  Kompetisi Terhenti, Kerugian Ekonomi Capai 3 Triliun

Dalam pelaksanaan persembahyangan, komunitasnya tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kami tetap mematuhi aturan dari pemerintah, terutama menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dalam perayaan Siwaratri kali ini, komunitasnya tidak tidak melaksanakan jagra atau bergadang, agar tidak membuat kerumunan. “Untuk jagranya dilaksanakan di rumah masing-masing. Kalau dilaksanakan bersama, kami takut membuat kerumunan baru,” pungkasnya. (dt)

Facebook Comments