Plastic Exchange Booming di Gianyar

Gianyar, BaliNews.id – Kegiatan penukaran sampah plastik dengan beras (plastic exchange) menjamur di Gianyar. Hampur di setiap hari  Minggu ada saja banjar atau desa yang melaksanakannya. Seperti tampak Minggu (30/8), dua desa sekaligus menggelar aksi ini bersamaan. Yakni Desa Guwang dan Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. Masyarakat sangat antusias datang membawa sampah, pulang membawa beras. Bahkan, di Desa Guwang anak-anak yang ikut menukar sampah plastik diberikan bonus buku tulis dan buku gambar dari Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra.

Menurut Kujus Pawitra, Plastic Exchange ini sudah booming di Gianyar. Sudah menjadi salah satu bentuk edukasi masyarakat untuk memilah sampah. “Kita bangga, masyarakat sadar bahwa sampah harus dipilah, dikelola dengan baik. Kita bersyukur masyarakat sudah tergerak memilah sampah,” ungkap Kujus yang Sekretaris DPRD Kabupaten Gianyar ini. Pihaknya berharap, masyarakat terus melakukan pemilahan sampah. Terlebih, Desa Guwang telah memiliki Bank Sampah. “Agar masyarakat kembali antusias menabung sampah,” ujarnya.

BACA JUGA  HUT RI Penuh Makna,  10 Ribu Tukik Dilepas di Pantai Saba
Plastic Exchange Booming di Gianyar
Plastic Exchange Booming di Gianyar

Salah satu warga, Ni Nyoman Meni, 50, mengaku tertarik memilah sampah karena bisa ditukar dengan beras. “Saya mengumpulkan sampah botol plastik sejak seminggu lalu, belum tahu dapat berapa. Yang jelas, bisa ditukar dengan beras saya merasa terbantu. Karena untuk makan sehari-hari, susah sekarang,” ungkapnya.

Plastic Exchange Booming di Gianyar
Plastic Exchange Booming di Gianyar
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id