PJS Bupati Karangasem Pantau Kesiapan Puskesmas Rujukan COVID-19

Karangasem, BaliNews.id – Pejabat sementara Bupati Karangasem, Provinsi Bali, I Wayan Serinah mengecek dan memantau kesiapan puskesmas dalam menerima rujukan pasien COVID-19 dengan memantau Puskesmas Karangasem 1 untuk mengevaluasi sistem pelayanan kesehatan yang ada.

Keterangan resmi dari Humas Pemkab Karangasem yang diterima, Minggu, menyebutkan kunjungan Pjs Bupati Serinah pada Sabtu (10/10) itu diterima langsung oleh Kepala Puskesmas 1 Karangasem Drg. Panca Parwita Sari.

PJS Bupati Karangasem Pantau Kesiapan Puskesmas Rujukan COVID-19
Pjs Bupati Karangasem pantau kesiapan puskesmas rujukan COVID-19. ANTARA/HO-Humas Pemkab Karangsem

“Dalam situasi seperti ini, kami memang sangat memerlukan bantuan dan semangat dari Pemerintah. Kebetulan, kami sedang mengurus dua pasien positif COVID-19 tanpa gejala yang akan dirujuk, namun beberapa tempat karantina masih penuh,” kata Drg Panca Parwita Sari.

BACA JUGA  Bupati Agus Mahayastra Dimata Netizen Gianyar

Menurut Pjs Bupati Serinah, evaluasi ini dilakukan, karena pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas adalah salah satu bukti bahwa Pemerintah hadir di tengah masyarakat.

“Kepada tim medis, kami meminta agar mereka tetap mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, sebab mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Untuk pasien yang belum mendapat ruang rujukan akan kami usahakan agar sesegera mungkin mendapat ruang rujukan,” kata Serinah.

Selain itu, Serinah pun menghimbau agar dalam melaksanakan tugas, mereka hendaknya selalu menerapkan protokol penanganan COVID-19, yakni dengan memakai APD sesuai standar, serta tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan.

Meninggal Akibat Longsor

Sementara itu, Tim BPBD Karangasem menemukan satu korban meninggal dunia akibat tanah longsor yang menimpa rumah di Banjar Dinas Saren Kelod, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, akibat hujan deras sejak Jumat hingga Sabtu(10/10).

BACA JUGA  ACT Luncurkan Program WMUM Untuk UMKM di Tengah Pandemi

Operator Pusdalops PB BPBD Karangasem, Dewa Putu Saskara, menjelaskan korban meninggal bernama Ni Wayan Beji (86), sedangkan korban luka bernama I Ketut Misi (57).

“Informasi kejadian itu diterima dari Prebekel Nongan, lalu tim gabungan dari BPBD, Camat Rendang, Kades, Kadus, Polsek Rendang, dan Babinsa langsung meninjau lokasi kejadian,” katanya.

Ia menjelaskan musibah terjadi pada Sabtu (10/10) sekitar pukul 09.00 Wita akibat hujan lebat yang mengakibatkan tanah di belakang rumah Ni Wayan Beji mengalami longsor dan merobohkan dua bangunan hingga rata dengan tanah.

“Kejadian pertama kali diketahui oleh Ni Ketut Sukerniasih (39) yang merupakan tetangga korban, yang saat kejadian berada di depan rumahnya yang memang berseberangan dengan rumah korban,” katanya.

BACA JUGA  Beraksi di Empat TKP, Dua Pelaku Curanmor Ditangkap

Menurut dia, warga telah mengevakuasi korban, sedangkan korban luka saat ini dirujuk ke Puskesmas Rendang. “Pjs Bupati Karangasem I Wayan Serinah dengan didampingi Kalaksa BPBD Karangasem terjun langsung ke lokasi kejadian,” katanya. (an)

Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Budi Santoso

Facebook Comments

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id