Pilih Padat Karya Non Fisik, Ratusan Warga Terdampak Pandemi Diberdayakan Oleh Desa

Buleleng, BaliNews.id – Pandemi Covid-19, menyebabkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan khususnya bagi mereka yang bekerja di bidang pariwisata. Kondisi ini menyebabkan, terjadinya ruralisasi,  banyak warga desa yang merantau memilih kembali kedesa.  Beban perekonomianpun, akhirnya tertumpu di desa. Banyak warga yang tak mempunyai pekerjaan dankesulitan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng, akhirnya merancang kegiatan padat karya, yang bersifat non fisik. Padat karya ini bertujuan untuk memberdayakan warga desa yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Desa tidak melakukan pembangunan fisik. Pemerintah desa menyiapkan lebih dari 20 jenis pekerjaan,seperti pendataan, kesehatan, kebersihan lingkungan, hingga pertanian.

BACA JUGA  Peluncuran Kulit Kera Piduka Dan Babi Babi Babi, Bicara Kekerasan Dalam Keluarga
Pilih Padat Karya Non Fisik, Ratusanwarga Terdampak Pandemi Diberdayakan Oleh Desa
Pilih Padat Karya Non Fisik, Ratusanwarga Terdampak Pandemi Diberdayakan Oleh Desa

Program padat karya  non fisik ini dilakukan sejak pertengahan bulan Mei 2020 lalu. Nampak warga sedang melakukan aktifitas sesuai dengan pekerjaan yang dipilihnya. Di gedung serba guna desa, nampak warga sedang menbuat kursi dari ecobrick. Ecobrick yang digunakan untuk membuat kursi, berasal dari sampah botol dan pembukus makanan plastik yang dihasilkan oleh warga desa. Selain itu,terdapat juga warga yang sedang bekerja di kebun. Saat ini ada enam kebun yang dikelola oleh desa. kebun-kebun ini merupakan lahan kosong milik warga yang disewa oleh desa. kebun-kebun ini, diantaranya digunakan untuk pembibitan pohon yang akan di tanam di hutan desa, digunakan untuk menanam sayur-sayuran, untuk kebutuhan pangan masyarakat, dan untuk menanam tanaman buah. selain itu, desajuga menyewa tanaman mangga warga untuk di kelola oleh desa. seluruh hasilpanen pertanian, selain dibagikan kepada warga , juga di beli oleh Bumdesa Tembok.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id