Pesilat Komang Harik Tetap Disiplin Latihan Dikala Pandemi

Denpasar, BaliNews.id – Pesilat nasional asal Buleleng, Komang Harik Adi Putra (25)  mengaku tetap disiplin menjalani latihan sesuai dengan program dari pelatih meski pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Latihan tetap berjalan tapi tidak seperti biasa. Ada latihan individu dan dua kali dalam sebulan latihan bersama tim, tapi tetap harus melakukan protokol kesehatan seperti pakai masker, bawa hand sanitizer dan jaga jarak meskipun saat latihan,” kata Komang Harik saat dihubungi di Denpasar, Sabtu.

Pesilat Komang Harik Tetap Disiplin Latihan Dikala Pandemi
Saat Komang Harik Adi Putra dalam ajang Belgium Open 2018, (6/5/2018). HO/dok. Komang Harik Adi Putra

Pria yang merupakan atlet nasional ini menambahkan masa pandemi ini juga menurunkan intensitas latihan. Hal ini dilakukan agar atlet tetap dalam kondisi prima sehingga siap jika nantinya bakal diturunkan pada sebuah kejuaraan termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun depan.

BACA JUGA  Garuda Indonesia Berkomitmen Membuka Penerbangan Langsung Dari Beberapa Negara Ke Bali

“Untuk porsi waktu latihan individu juga berkurang. Sebelum ada COVID biasanya latihan sekitar dua sampai tiga jam, sedangkan setelah COVID hanya satu jam saja,”

“Untuk panduan gizi secara khusus tidak ada, hanya harus jaga pola makan, menghindari makan makanan yang memicu badan jadi tidak bugar dan pintar mengatur diri, jangan memaksakan latihan kalau dirasa tidak enak badan,” kata Komang menambahkan.

Peraih emas Asian Games 2018 itu mengaku saat pandemi dirinya mengalami kesulitan untuk mencari partner sparing. Hal itu dikarenakan tidak bisa menyentuh lawan, harus jaga jarak dan hanya bisa dalam bentuk visualisasi dengan menganggap di depan ada musuh.

Saat latihan individu, kata Komang Harik, teknik andalan dari masing-masing individu harus selalu dipertajam dan tidak boleh kendor.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id