Balinews.id

Penyakit Jembrana Muncul, 73 Sapi di Mukomuko Mati

73 Sapi di Mukomuko Mati Akibat Penyakit Jembrana.

BaliNews.id-Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat sekitar 73 ekor sapi mati akibat terserang penyakit Jembrana selama bulan Agustus hingga September 2021.

“Kemungkinan masih ada sapi mati akibat penyakit Jembrana yang belum dilaporkan oleh warga,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriyani di Mukomuko, Minggu (3/10)

Penanganan terhadap puluhan ekor sapi yang mati akibat penyakit Jembrana, lanjutnya, dengan cara dibakar atau dikubur guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

“Kita sarankan agar sapi yang mati dikubur atau dibakar. Cara penanganan seperti ini untuk menghindari penyakit mematikan ini menular kepada ternak lain,” ujarnya.

Untuk mencegah penularan penyakit ini, pihaknya telah memberikan vaksin sebanyak 2.000 dosis untuk mencegah sapi terserang penyakit ini.

Sebanyak 2.000 ekor sapi yang menjadi sasaran vaksin itu tersebar di sejumlah wilayah, baik yang tidak dan ditemukan kasus sapi yang mati akibat penyakit tersebut.

Selain itu, pihaknya akan mensosialisasikan dan mengimbau kepada warga untuk tidak membeli hewan ternak di wilayah pandemi penyakit Jembrana.

“Kita berusaha mencegah jangan sampai warga membeli sapi di wilayah yang pandemi penyakit jembrana diluar daerah ini karena tergiur harga murah,” ujarnya.

Dikatakannya, banyak sapi yang mati akibat penyakit Jembrana di daerah ini, karena pola pemeliharaan hewan 90 persen diliarkan, sehingga sapi yang terjangkit penyakit tersebut menularkan  ke sapi lain.

(ab/an)

Warga Geger, Jasad Lansia Ditemukan di Areal Setra Badung

DENPASAR, Balinews.id – Penemuan jasad seorang lansia di Areal Setra Badung, Jalan Imam Bonjol, Denpasar…

October 4, 2021

Kuliah Umum FH Unmas Denpasar, Soroti Transformasi Hukum dalam Era Disrupsi

DENPASAR, Balinews.id – Fakultas Hukum Unmas Denpasar kembali menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Transformasi Hukum dalam…

October 4, 2021

Habib Rizieq Ikut Ajukan Amicus Curiae, Kini Total Ada 23 Pengajuan

Jakarta, Balinews.id -Setelah presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengajukan Amicus Curiae pada beberapa hari…

October 4, 2021

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, BPPTKG Tetapkan Status Siaga

NASIONAL, Balinews.id – Gunung Merapi, yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, sekali lagi…

October 4, 2021

Overstay dan Meresahkan, Bule Asal Aljazair Segera Dideportasi

BADUNG, Balinews.id – Seorang WNA asal Aljazair berinisial SAB (38) diamankan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

October 4, 2021