Penutupan Rangkaian Bulan Bung Karno 2020 di DPC PDIP Gianyar

GIANYAR, BaliNews.id – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Gianyar akhirnya menutup secara resmi serangkaian acara Bulan Bung Karno tahun 2020, acara penutupan ini dilakukan di wantilan kampus OTC (Overseas Training Center), Desa Tegaltugu Gianyar, Selasa (30/6/2020).

Koordinator Kegiatan Bulan Bung Karno Tahun 2020 Kabupaten Gianyar, Ni Made Ratnadi menjelaskan bahwa kegiatan acara Bulan Bung Karno ini, dimulai dengan upacara bendera, “Kegiatan kami awali dengan melakukan upacara bendera Pada 1 Juni, sebagai peringatan hari lahirnya Pancasila. Pada hari itu juga rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno dimulai, kemudian dilanjutkan lagi dengan serangkaian acara lomba-lomba, dan kegiatan sosialisasi,” jelasnya.

Sosialisasi yang dilakukan yaitu kebun rakyat atau urban farming. “Sosialisasi urban farming ini sebagai inspirasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong, sebagai ketahanan pangan keluarga,” jelasnya.

BACA JUGA  542 Pedagang Pasar Gianyar di Rapid Test, Dua Orang Reaktif 

Dimana untuk urban farming, wakil Gianyar yang dimotori Dewa Gde Agung Pastika yang biasa disapa DKM, menjadi yang terbaik diantara perwakilan DPC Perjuangan se-Bali. “DPC PDIP Gianyar bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) Bali menggelar Live Cooking secara virtual dan live streaming,  sosialisasi pengolahan bahan pangan substitusi beras/ bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep mustika rasa warisan Bung Karno, pada 26 Juni 2020 lalu,” jelasnya.

Kegiatan ketiga adalah lomba-lomba, yaitu lomba pidato Bung Karno. Wakil Gianyar di tingkat provinsi yang digelar DPD PDIP Bali, katagori SMP mendapatkan juara favorit dan untuk SMA memperoleh juara satu. “Lomba musikal puisi, mengirim 3 perwakilan SMAN Blahbatuh, SMKN 3 Sukawati  dan The Marhaen Group. The Marhaen Group meraih juara 1 dan favorit, sedangkan SMAN Blahbatuh mendapatkan juara 3,” ungkapkanya.

BACA JUGA  MALAM TAKBIR DI TENGAH PANDEMI DILAKUKAN DI MASJID

Sedangkan untuk lomba melukis tingkat SD, SMP dan SMA, di tingkat SD meraih juara 1, SMP juara 3, dan tingkat SMA juara 1 dan 2. “Untul lomba vlog wakil Gianyar juga mendapatkan juara,” ujarnya.

Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana mengatakan, kegiatan Bulan Bung Karno ini sebagai ajang untuk mengenang bapak Proklamator ini. “Sesungguhnya pesan yang kami sampaikan dari peringatan Bulan Bung Karno adalah untuk kita mengenang kebesaran dari pada Bung Karno, mulai dari Bung Karno itu seorang arsitektur, Bung Karno itu seorang politisi yang melahirkan partai PNI (Partai Nasional Indonesia) pada tahun 1927, jauh sebelum Indonesia merdeka,” ujarnya.

Setelah rangkaian Bulan Bung Karno ini dilaksanakan dalam srbulan penuh,  maka hari ini pada tanggal 30 Juni 2020 ini dilakukan penutupan. “Hari ini, tanggal 30 Juni 2020 saya mewakili bapak Ketua DPC PDIP Gianyar untuk menutup Bulan Bung Karno tahun 2020 ini,” pungkasnya. (DT)