Pemkab Badung Kedepankan Edukasi Ketimbang Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Badung, BaliNews.id – Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

“Tujuan dari semua upaya ini untuk mengurangi atau meminimalkan terjadinya penyebaran virus COVID-19 mengingat saat ini Bali dan Badung mengalami peningkatan kasus COVID-19,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Badung, Senin.

Pemkab Badung Kedepankan Edukasi Ketimbang Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta (kanan). Antaranews Bali/Naufal Fikri

Ia mengatakan, pihaknya mengajak warga agar selalu patuh pada Instruksi Presiden, Peraturan Gubernur Bali maupun Peraturan Bupati Badung yang mewajibkan badan usaha dan masyarakat dalam mentaati pelaksanaan protokol kesehatan.

“Ini wujud negara hadir di tengah masyarakat. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Badung yang sudah taat dalam mematuhi protokol kesehatan ini,” katanya.

BACA JUGA  Dalam Dua Hari, 12 Pasien Covid-19 Sembuh Di Gianyar

Giri Prasta menjelaskan Pemkab Badung juga akan lebih mengedepankan edukasi daripada memberikan sanksi terhadap masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan..

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan sidak guna mengingatkan masyarakat yang masih abai memakai masker.

Hal tersebut salah satunya telah diwujudkan dalam pelaksanaan sidak terhadap warga yang tidak memakai masker sekaligus pemberian edukasi kepada masyarakat menggunakan mobil patroli polisi yang dilengkapi pengeras suara dengan menyusuri ruas jalan protokol di kawasan Kuta pada Sabtu (12/9) malam.

“Mudah-mudahan dengan adanya upaya kami ini dapat menggugah kesadaran masyarakat yang selama ini masih belum menyadari tentang betapa pentingnya penggunaan masker itu sendiri,” ungkapnya.

BACA JUGA  Perayaan Sederhana Hut Tujuh Tahun Taman Nusa Di Era New Normal 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Pemkab Badung juga melibatkan aparat keamanan sebagai garda terdepan untuk mengimbau badan usaha dan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Aparat keamanan merupakan garda terdepan di lingkungan masyarakat untuk menghimbau dan menindak para pelanggar dengan mengedepankan cara persuasif dan edukatif ke masyarakat,” ujar Giri Prasta.(an)

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Agus Salim

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id