Pemantauan Destinasi Wisata Menjelang Di Buka Kembali

Buleleng, BaliNews.id – Pemerintah Kabupaten Buleleng, telah bersiap untuk membuka kembali, sektor pariwisata, seperti tempat tujuan wisata dan penyedia akomodasi bagi wisatawan. Pembukaan akan dilakukan secara serentak pada Kamis, 9 Juli 2020. Pematuan kesiapan pengelola destinasi, menjelang pembukaan kembali mulai dilakukan.

Rabu (8/07), Nampak para pengelola, destinasi wisata di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng , sedang mempersiapkan sarana yang diwajibkan untuk dipasang ditempat wisata. Pemasangan yang dilakukan diantara, pemasangan himbauan dan pemasangan tempat cuci tangan. Perlengkapan lain yang harus disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan, pecegahan penularan Covid-19 yaitu maser, alat pengukur suhu dan pelingdung wajah. Selain Itu, pengelola objek wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sambangan, akan berkerja sama dengan satgas gotong royong pencegahan Covid-19, dalam penerapan tatanan baru untuk para wisatawan.

BACA JUGA  Mengaku Dirampok, Warga Inggris Luntang-lantung

Ketua Pokdarwis Desa Sambangan, Kadek Dedi Satra Wirawan, saat ditemui disela-sela mempersiapkan pembukaan kembali objek wisata air terjun Aling-Aling, mengatakan penutupan Air Terjun Aling-Aling dan tempat wisata lainnya yang ada di Desa Sambangan sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu. Saat ini, menjelang dibuka kembali, berbagai persiapan telah dilakukan. Tatanan baru harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas. “Hari ini kami, sedang melakukan persiapan untuk dibuka kembali bagi wisatawan. Kami mulai pasang tempat cuci tangan, pelindung wajah, alat pengukur suhu. Masker juga kami siapkan, namun kami minta para wisatawan juga harus sadar dan disipilin untuk itu. Sementara waktu, masker kami siapkan, kelanjutannya ya wisatawan harus menyiapkan sendiri” ungkapnya.

BACA JUGA  Jerinx Ajukan Penangguhan Penahanan, Istri dan Ayahnya Jadi Penjamin

Jelang dibukanya kembali tempat wisata di Buleleng, pemantauan lapangan dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Pemantauan dilakukan, di lima tempat wisata, diantaranya Air Terjun Aling-Aling, Pelabuhan Tua Buleleng, Kawasan Lovina, Air Panas Banjar Dan Permandian Air Sanih. Pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan para pengelola tempat wisata, menjelang di buka kembali, beroperasi secara normal. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Made Sudama Diana, pembukaan tempat wisata akan dilakukan secara bertahap. Selain itu, para pengola tempat wisata, harus mengajukan permohonan verifikasi tempat wisata, dan nantinya akan mendapatkan sertifikat kelayakan telah memenuhi standar protokol kesehatan, pencegahan penularan Covid-19.

“Hari ini, kami cek dulu, ada 5 DTW yang akan kami kunjungi hari ini, untuk melihat kesiapan meraka menerima wisatawan lagi. Para pengelola juga harus memiliki sertifikat telah memenuhi standar protocol kesehatan, pencegahan penularan Covid-19. Jika sudah mengantongi ini, baru boleh dibukan kembali. Pengajuannya dapat dilakukan secara online maupun offline ke Dispar Buleleng. Setelah itu di verifikasi oleh tim, baru dikeluarkan sertifikatnya” Ungkapnya. (jar)

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id