Pasca Bocah 4 Tahun Positif Covid-19, Keluarga Pasien Jalani Rapid Test

GIANYAR, BaliNews.id – Pasca bocah berusia 4 tahun di Desa Kemenuh, Sukawati dinyatakan terkonfirmasi positif pada, Senin (15/6/2020), keluarga yang merupakan kontak erat menjalani rapi tes, Selasa (16/6/2020) pagi. Hasil dari rapid test terhadap 16 orang keluarga pasien hasilnya non reaktif.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Wisnu Wijaya, mengatakan, rapid tes dilakukan terhadap kontak erat dari NKDP bocah 4 tahun yang positif Covid-19. Dari hasil tracing ditemukan 16 orang yang harus di rapid tes. “Setelah menjalani Rapid tes, semua hasilnya non reaktif,” jelasnya.

covid-19 gianyar

Diungkapkanya, NKDP bocah empat tahun itu awalnya jatuh saat bermain layangan dengan kakaknya pada tanggal (6/6/2020). Sehingga yang bersangkutan mengalami fraktur menus sinitra bagian siku kiri, dibawa ke tukang urut. “Pada (7/6/2029) yang bersangkutan dironsen di salah satu rumah sakit swasta di Gianyar, dan saran dokter untuk dilakukan operasi. Karena yang bersangkutan belum terdaftar dalam BPJS sehingga pihak keluarga minta tempo untuk mengurusnya,” terangnya.

BACA JUGA  Pejuang Lingkungan di Rumah: Beralih ke Belajar di Rumah Karena Coronavirus

Pada (7/6/2020) yang bersangkutan kembali ke rumah sakit, karena kondisi fraktur tidak memungkinkan ditangani di sana, sehingga dirujuk ke RSUP Sanglah. Selanjutnya yang bersangkutan menjalani rawat inap, sesuai prosedur dilakukan tes swab dengan hasil negatif.  Karena ada keluhan mengeluarkan cairan pada telinga kiri maka dilakukan swab kedua, dan hasilnya positif sars-cov 2. “Pada tanggal (15/6) tepatnya pukul 03.00 yang bersangkutan masuk ruangan isolasi RSUP Sanglah. Langkah selanjutnya petugas Puskesmas Sukawati 1 melaksanakan tracing kontak erat dan rapid test serta swab pada keluarga terdekat,” pungkasnya. (DT)