VIRAL, Video Seorang Perempuan Memetik Bunga Edelweis, Kenapa Dilarang ?

BaliNews.id – Bunga Edelweis merupakan salah satu daya tarik ketika mendaki Gunung, Sebagian besar Bunga Edelweis ini kalian dapat temukan di Gunung atau jalur pendakian saat kalian mendaki. Bunga Edelweis juga disebut dengan Bunga Abadi dan merupakan salah satu Bunga Endemik.

Akhir-akhir ini viral sebuah video seorang perempuan tengah memetik Bunga Edelweis, yang kemudian divideokan oleh pendaki lainnya, seperti cuplikan instagram dibawah ini

Video diatas terjadi dijalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu, Lalu kenapa di larang memetik Bunga Edelweis ? Berikut Penjelasannya

BACA JUGA  Siaran Pers : Kemendikbud Tegaskan Tidak Ada Rencana Peleburan Mata Pelajaran Agama

Bunga Edelweis dilindungi oleh undang-undang dan termasuk kategori Langka, dikutip melalui kompas.com, Mereka yang nekat memetik bunga edelweis dikenakan sanksi pidana 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp50 juta seperti yang tercantum dalam UU Nomor 41 Tahun 1999.

Sementara itu bunga edelweis dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem. (ah)

Penulis : Agus Hendrawan 

 

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id