Pasang Kamera Pengintai Di Lokasi Pembuangan Sampah Liar

BaliNews.id – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur akan memasang kamera pengintai di lokasi yang rawan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah secara liar seperti yang ada di Jalan Raya Bringinbendo Taman, Sidoarjo.

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono, Minggu mengatakan dalam waktu dekat beberapa titik di Jalan Raya Bringinbendo yang jadi tempat pembuangan sampah akan dipasang kamera pengintai.

“Kami juga minta setiap malam dilakukan patroli dan operasi untuk mencegah terjadinya pembuangan sampah lagi oleh oknum tidak tidak bertanggung jawab,” katanya di sela pemantauan Jalan Raya Bringinbendo yang kerap dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah liar.

“Kami datang karena mendapat laporan masyarakat yang mengeluhkan adanya bau busuk saat melintas di jalan raya. Parah, ini harus ada tindakan dalam waktu dekat akan kami pasang CCTV (kamera pengintai) dan operasi jam malam, kalau ketahuan kami akan kasih teguran dan sanksi sosial”, kata Hudiyono saat mengecek di lokasi penumpukan sampah.

BACA JUGA  Nyoman Parta Borong 3 Ton Ketela, Apresiasi Kerja Keras Petani
Sidoarjo pasang kamera pengintai di lokasi pembuangan sampah liar
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat memantau tumpukan sampah di kawasan Bringinbendo Sidoarjo, Jawa Timur. (Antara Jatim/Pemkab Sidoarjo/IS)

Ia juga sudah meminta kepada camat setempat untuk mengerahkan anggotanya patroli setiap malam, dengan tujuan jangan sampai ada pembiaran pembuangan sampah di tempat itu.

“Sampah yang menumpuk tersebut dibuang saat tengah malam oleh orang-orang yang melintas, dengan naik kendaraan, melempar plastik besar yang berisi sampah,” ucapnya.

Untuk sementara ini, kata dia, satu unit mobil kebersihan dari DLHK diberikan ke Kecamatan Taman untuk dipakai memuat sampah-sampah yang ada di sepanjang Raya Taman.

“Kami minta masyarakat bisa saling mengingatkan jika melihat ada orang yang buang sampah sembarangan ditegur langsung. Jika melihat ada orang buang sampah sembarangan langsung ditegur saja, jangan dibiarkan,” ujarnya.* (an)

BACA JUGA  OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme Kini Tersedia Android 11 Setelah Resmi Dirilis

Pewarta : Indra Setiawan
Editor : Erafzon Saptiyulda AS

Facebook Comments