Balinews.id

Mendikbud Rencanakan Penguatan Pendidikan Seni

BaliNews.id – Berdialog dengan sejumlah budayawan mengenai esensi Merdeka Belajar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan gagasan untuk memperkuat pendekatan pendidikan seni dan peran guru dalam pendidikan seni yang berlandaskan semangat Merdeka Belajar.

“Seni adalah medium yang membantu murid dalam mengenali bakat mereka. Mengenali bakat, dimulai dari minat yang kemudian memunculkan kecintaan. Untuk menumbuhkan kecintaan itu, diperlukan orang dewasa sebagai teladan, yaitu para guru,” jelas Mendikbud melalui telekonferensi, Kamis (16/07).

Mendikbud Rencanakan Penguatan Pendidikan Seni

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim

Lebih lanjut, Mendikbud mengatakan bahwa tujuan pendidikan seni bukan serta merta untuk mencetak seniman, melainkan untuk menumbuhkan kepekaan dan daya tanggap murid. “Respon terhadap kepekaan yang difasilitasi oleh guru, akan mendorong murid lebih merdeka dalam berkarya dan berinovasi,” ujar Mendikbud.

Terkait upaya mencetak murid yang berdaya cipta, Mendikbud menggagas pendekatan pendidikan seni yang selaras dengan pendekatan pendidikan sains, maupun bahasa. “Seperti belajar bahasa, bukan hafalan tata bahasanya yang kita sasar, melainkan minat membaca dan pengetahuan yang didapat dari gemar membaca. Bahkan, kemampuan menciptakan karya sastra,” terang Mendikbud.

Gagasan Mendikbud disambut positif oleh perupa Dolorosa Sinaga. “Pendidikan seni adalah prasyarat kemerdekaan berpikir. Seperti pelajaran sains, melalui pendidikan seni yang berbasis proyek (project-based), anak-anak dapat menggali berbagai pengetahuan dariproses berekspresi dan berkarya,” ujar Dolorosa.

Berita ini sudah dirilis di halaman resmi, untuk selengkapnya bisa melalui halaman resmi  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Warga Geger, Jasad Lansia Ditemukan di Areal Setra Badung

DENPASAR, Balinews.id – Penemuan jasad seorang lansia di Areal Setra Badung, Jalan Imam Bonjol, Denpasar…

July 18, 2020

Kuliah Umum FH Unmas Denpasar, Soroti Transformasi Hukum dalam Era Disrupsi

DENPASAR, Balinews.id – Fakultas Hukum Unmas Denpasar kembali menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Transformasi Hukum dalam…

July 18, 2020

Habib Rizieq Ikut Ajukan Amicus Curiae, Kini Total Ada 23 Pengajuan

Jakarta, Balinews.id -Setelah presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengajukan Amicus Curiae pada beberapa hari…

July 18, 2020

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, BPPTKG Tetapkan Status Siaga

NASIONAL, Balinews.id – Gunung Merapi, yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, sekali lagi…

July 18, 2020

Overstay dan Meresahkan, Bule Asal Aljazair Segera Dideportasi

BADUNG, Balinews.id – Seorang WNA asal Aljazair berinisial SAB (38) diamankan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

July 18, 2020