Ketok Palu, Aprilia Manganang sah berubah kelamin dan nama

Aprilia Manganang telah sah berganti jadi Aprilio Perkasa Manganang.

BaliNews.id – Aprilia Santini Manganang sudah resmi jadi Aprilio Perkasa Manganang. Pengadilan Negeri Tondano mengesahkan perubahan identitas jenis kelamin dan nama eks atlet voli nasional itu.

Penetapan itu diresmikan oleh Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. Sidang digelar Jumat (19/3/2021) ini secara online.

Manganang selaku pemohon hadir secara virtual. Dia mengikuti sidang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat. Dia ditemani kedua orang tuanya, yang juga sebagai saksi. Juga hadir kakak dari Aprilia, Amasya Manganang.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang berubah jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki. Menetapkan perubahan nama pemohon dari Aprilia Santini Manganang ke Aprilio Perkasa Manganang.”

BACA JUGA  Kekayaan Edhy Prabowo Senilai Rp7,42 Miliar

“Memerintahkan ke dukcapil untuk mendaftarkan perubahan pemohon dari perempuan ke laki-laki. Memerintahkan pemohon melaporkan ke dukcapil untuk mencatat pergantian nama pemohon dan membebankan biaya pemohon yang timbul atas perkara ini sebesar Rp 260 ribu,” kata Nova Laura, Hakim PN Tondano.

Aprilia berterima kasih atas keputusan yang telah ditetapkan. “Terima kasih yang mulia, terima kasih, terima kasih banyak yang mulia.”

Laki-laki berusia 28 tahun ini berharap identitas barunya ini bisa membuatnya lebih fokus dalam menjalani karier sebagai Sersan Dua.

“Semoga ini awal yang baik buat saya ke depan. Awal yang baru karena ini yang saya tunggu selama ini,” dia mengungkapkan.

“Puji Tuhan akhirnya saya bisa melewati semua ini berkat Bapak KSAD, Ibu Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa, dan para dokter. Saya bersyukur bisa lewati ini ke depan saya fokus ke profesi saya sebagai prajurit AD di mana pun saya ditempatkan.”

BACA JUGA  Pengamat Sebut UU Cipta Kerja Beri Kemudahan Izin UMKM

Nama Aprilia Manganang kembali mencuri perhatian dalam beberapa waktu belakangan, setelah pernyataan TNI AD yang mendeklarasikan statusnya sebagai laki-laki.

Padahal selama ini atlet kelahiran 27 April 1992 itu dikenal sebagai pevoli putri yang kerap langganan masuk Timnas voli di berbagai event nasional dan internasional, meskipun ada juga yang sempat meragukan kewanitaan Aprilia di beberapa kesempatan. Kini status itu akhirnya ia peroleh secara resmi. Aprilia Santini Manganang sudah sah jadi Aprilio Perkasa Manganang. (*)

Facebook Comments