Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Presiden Tekankan PPKM level Mikro

Presiden Joko Widodo

Jokowi Panggil 5 Gubernur

JAKARTA, BaliNews.id – Kasus Covid-19 yang kian melonjak membuat Pemerintah Pusat mengambil langkah-langkah yang dinilai kurang dalam penanganan pandemi selama ini.
Presiden Joko Widodo Rabu (3/2) melakukan pertemuan dengan 5 kepala daerah, yaitu Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, dan Gubernur Bali dalam rangka mengefektifkan pembatasan kegiatan masyarakat.

Presiden melihat langkah-langkah yang sudah diambil kurang, sehingga penanganan pandemi kurang efektif. Beliau meminta kelima kepala daerah lebih memperkuat kegiatan-kegiatan ataupun langkah-langkah di lapangan.

“Saya sampaikan pembatasan kegiatan masyarakat di level mikro, di level kampung, di level desa, di level RW, di level RT itu penting. Itu kunci di situ. Lapangan di situ yang harus dikerjakan,” terang Presiden pada saat jumpa pers  Kamis (4/2) di Istana Negara.

BACA JUGA  Nyoman Parta Dukung Revisi UU ITE

“Kemudian yang kedua, yang tidak kalah pentingnya ini dari sisi pemerintah, yaitu testing, tracing, dan treatment (3T). Artinya, kalau kita sudah tes COVID-19, sudah dilakukan dan ketahuan, segera dilacak. Paling tidak 30 orang yang kontak dengan orang ini harus dilacak. Dan, kalau sudah ketemu segera dilakukan isolasi. Itu saya tekankan lagi,” tambah Beliau.

Presiden menekankan dan meminta kepada Kepala Daerah untuk memperkuat penanganan di lapangan, selain memperkuat 3T yang disampaikan beliau. Selama pandemi belum berakhir, diharapkan para Kepala Daerah, memperketat penanganan di lapangan secara bersungguh-sungguh, dan masyarakat diharapkan juga secara tertib mematuhi aturan yang dibuat, sehingga pandemi ini segera berakhir.

BACA JUGA  Khedira: Cristiano Ronaldo Bisa Jadi yang Terbaik karena Alasan Ini

Tapi juga jangan lupa mengingatkan mengenai 3M kepada masyarakat; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak itu penting,” pinta Presiden kepada kelima kepala daerah di Istana Negara.

Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 yang sudah mulai dilaksanakan sudah dinilai berjalan dengan baik. Tapi memang masih dilakukan di rumah sakit, di puskesmas-puskesmas.
“Kedepannya akan juga kita lakukan seperti yang hari ini dilakukan di Gelora Senayan dalam jumlah yang massal, sehingga mempercepat proses vaksinasi,” kata Presiden.
Beliau berharap proses Vaksinasi bisa lebih dipercepat, terutama ketika sudah mulai menyentuh masyarakat umum.(ta)

Facebook Comments