nakes gianyar positif covid 19

Nakes Puskesmas Gianyar 2 Positif Covid-19

GIANYAR, BaliNews.id – IKS (43) Tenaga Kesehatan (Nakes) di UPT Kesmas Gianyar 2, terkonfirmasi positif Covid-19. Pria asal Desa Jehem, Temuku Bangli, saat ini sedang menjalani iaolasi di ruang Kamboja, RSUD Sanjuwani Gianyar. Hal itu dibenarkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, Jumat (12/6/2020).

Diungkapkan, kronologisya, IKS pada 4 Juni 2020 mengaku badannya sakit, lemes dan demam.

Yang bersangkutan minta istirahat dan dirawat di puskesmas. IKS dirawat di Puskesmas Gianyar 2,  4-9 Juni 2020. Pada tanggal 8 Juni 2020 di Rapid Tes, hasilnya reaktif. “Sebelumnya IKS sudah tiga kali Rapid Tes, namun hasilnya non reaktif,” jelasnya.

Selannutnya, pada yanggal 9 Juni 2020, karena menfeluh sesak, IKS dirujuk ke RSU Sanjiwani Gianyar, dirawat di Ruang Kamboja (isolasi). “Pada hari itu juga dilakukan Swab. Hasilnya juga keluar pada hari itu, IKS terkonfirmasi Covid-19,” ungkapnya.

BACA JUGA  Penjual Pisang Goreng Keliling Positif Covid-19

Dijelaskanya, untuk tindak lanjut di Puskesmas Gianyar 2, sesuai hasil kunjungan dan diskusi dengan seluruh staf dan Kepala Puskesmas Gianyar 2, telah dilakukan sterilisasi semua ruangan puskesmas (gedung rawat inap dan rawat jalan). Terhadap semua staf dilakukan rapid test, dan terhadap 20 orangv staf rawat inap dan UGD dilakukan swab. “Untuk sementara  unit rawat inap dan UGD ditutup sampai keadaan kondusif,” ujarnya.

Sedangkan, untuk rawat jalan tetap dilaksanakan, karena gedungnya  berbeda. Hanya saja dengan tenaga terbatas bergilir dan rapid test non reaktif. “Tindak lanjut berikutnya menunggu hasil swab (20 orang dan seorang yg rapid test positif). Juga melakukan tracing pada masyarakat dan aparat yang sempat kontak. Juga melakukan karantina bagi staf yang kontak erat, sambil menunggu hasil swab,” pungkasnya. (DT)