Made Taro, Tutup Acara Mendongeng Dari Rumah Tepat Pada Episode 100

Buleleng, BaliNews.id –  Sejak 5 April yang lalu, Komunitas Mahima menggelar acara Mendongeng Dari Rumah. Acara ini, dikemas dengan cara siaran langsung melalui media sosial Facebook. Acara mendongen ini, dilakukan setiap hari, pada pukul 16.00 WITA selama lebih dari tiga bulan. Para pendongeng berasal dari berbagai kalangan, diantaranya, sastrawan, dramawan, dosen, ibu rumah tanga, guru, seniman bondres, pembuat ogoh-ogoh, dokter, filmmaker hingga wartawan. Total yang terlibat dalam acara ini sebanyak 100 orang pendongeng. Setiap pendongeng membawakan berbagai dongeng yang disiapkan sendiri. Berbagai gaya mendongeng pun muncul, sesuai dengan karakter dan latar belakang pendongeng.

Kadek Sonia Piscayanti, Koordinator Program Mendongeng Dari Rumah, Komunitas Mahima, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya memperkenalkan kembali dongeng kepada masyarakat. Selama ini dongeng mulai dilupakan dan jarang sekali mendapatkan ruang apresiasi. Orang tua pun kini, sudah mulai jarang untuk mendongeng kepada anak-anaknya. “Acara ini awalnya muncul dari obrolan dengan teman penggiat literasi, lalu saya coba wujudkan tengan Komunitas Mahima sebagai pelaksananya. Dengan situasi pandemi ini, akhirnya acara dibuat melalui online. Setiap pendongeng akan siaran langsung melalui akun facebook-nya. Dongeng dan cara mendongengnya bebas sesuai dengan keinginan pendongeng” paparnya saat ditemui di Rumah Belajar Mahima, Jumat (31/7)

BACA JUGA  Mengedarkan Narkoba, 3 Orang Ditangkap Polisi di Denpasar
Made Taro, Tutup Acara Mendongeng Dari Rumah Tepat Pada Episode 100
Made Taro, Tutup Acara Mendongeng Dari Rumah Tepat Pada Episode 100

Sonia juga menyampaikan, acara mendongeng dari rumah ini, telah diikuti oleh 100 orang pendongeng. Setelah memasuki episode ke-99, acara ini kami jeda, dengan menggelar lomba mendongeng untuk anak-anak. Teknis lombanya juga dilukukan dengan cara yang sama, siaran langsung dari Facebook. Episode ke-100 sekaligus menutup rangkaian acara dengan menghandirkan tokoh pendongeng Bali bapak Made Taro. “Episode 100 ini, sekaligus menjadi acara penutup. Sebagai episode pamungkas kami menghadirkan bapak Made Taro bersama anaknya Gede Tarmada. Beliau merupakan orang yang sangat gedol dalam melestarikan dongeng dan permainan tradisonal” imbunya

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id