LIANG KUBURAN DI SETRA PANJI DIBONGKAR

Liang Kuburan di Setra Panji Dibongkar

Buleleng, BaliNews.id, – Sebuah kuburan di Desa Adat Panji Kamis (28/5) siang ditemukan terbongkar. Kendati sempat dibongkar oleh oknum tak dikenal, namun jasad yang telah dikubur sejak Selasa (26/5) lalu masih utuh di dalam liangnya.

Peristiwa terbongkarnya kuburan pertama kali diketahui oleh saksi Made Karma 45, warga Dusun Mekar Sari Rabu (27/5). Saat itu Karma sedang mencari barang bekas sisa upacara di setra. Tanpa disengaja, perhatiannya tertuju pada lubang kubur mendiang Komang Dita Astriani, 11. Gadis kelas V SD asal Dusun Abasan, Desa Panji. Mediang sebelumnya dikabarkan meninggal akibat kecelakaan tunggal. Peristiwa ini baru dilaporkan oleh Made Karma ke keluarga almarhum pada Kamis (28/5).

BACA JUGA  Empat Tempat Usaha Ludes Terbakar di Denpasar

Kapolsek Sukasada, Kompol I Nyoman Landung mengatakan, jenazah almarhum Dita Asrini dikubur oleh keluarganya di Setra Desa Panji pada Selasa (26/5) lalu. Baru satu hari dikubur, makamnya tiba-tiba dibongkar oleh seorang oknum. Polisi bahkan menemukan satu barang bukti berupa cangkul, yang ada di sebelah setra Desa Panji, yang diduga kuat digunakan oleh seorang oknum untuk membongkar kuburan milik almarhum Dita.

“Kuburannya ditemukan dalam keadaan berlubang, cukup dalam. Kuburan itu digali lagi oleh keluarganya untuk memastikan peti jenazahnya. Saat dicek, petinya masih utuh. Tidak ada barang-barang yang hilang. Kami menduga kuburan ini dibongkar oleh seorang oknum, namun kami belum tau motifnya apa. kami menemukan satu cangkul di dekat Setra tersebut,” ojar Kompol Landung.

BACA JUGA  Ancam di FB Mau Bom Bali, Pemilik Akun “Jun Bintang” Ditangkap

Kompol Landung mengatakan, almarhum Dita meninggal akibat terjatuh saat mengendarai sepeda gayung disekitar rumahnya, pada Minggu (24/5) lalu dan mengalami cidera kepala berat (CKB). Sehingga kasusnya tidak dilaporkan ke pihak kepolisian.

Polisi telah meminta keterangan dari sejumlah saksi diantaranya, Made Karma selaku orang yang pertama kali menemukan kuburan terbongkar, Made Nosen selaku ayah dari almarhum Dita, serta orang-orang yang mengukuti prosesi upacara penguburan. 

LIANG KUBURAN DI SETRA PANJI DIBONGKAR

Bila pelaku dari kasus pembongkaran kuburan ini berhasil tertangkap, pasal yang disangkakan ialah 363 atau 363 tentang pencurian. “Kami akan cari tau dulu motifnya. Kalau memang ada barang yang dicuri bisa Pasal 362 atau 363. Bisa juga Tipiring” ungkapnya

BACA JUGA  Terlibat Curanmor, Residivis Kambuhan Ditembak

Bendesa Adat Panji, Gusti Ketut Susila mengatakan, setelah menerima laporan, pihak keluarga sudah melakukan pengecekan terhadap kuburan milik almarhum Dita. Kondisi mayat masih tetap utuh. Sedangkan barang-barang yang dikuburkan berupa baju, boneka dan sejumlah benda-benda kesayangan milik almarhum tidak ada yang hilang. Dengan adanya kejadian ini, keluarga berencana akan menggelar upacara ngulapin. “Tidak ada barang yang hilang. Semua barang dan mayatnya utuh. Mungkin oknum yang membongkar ini mau mencari bekel jinah (uang) yang dikubur. Sekarang liangnya sudah ditutup kembali oleh pihak keluarga,” jelasnya. (JAR)