Organisasi Bali

Kumpulan Organisasi Sosial Gelar Aksi Sosial Bagikan Sayur

GIANYAR, BaliNews.id – Banyaknya petani yang merugi serta masyarakat yang masih keterbatasan ekonomi, beberapa organisasi sosial yang terdiri dari Bank Sampah Galang Panji, Mude Berbagi, Daridesaku, Griya Luhu, 1000 Guru Bali, Mata Garuda Bali, Pasar Rakyat, Widya Suara, D-Network, Anika Linden Center, serta Yayasan Bina Sastra mengumpulkan donasi. Donasi yang tetkumpul dibelikan paket sayur di petani lokal, kemudian dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Koordinator Aksi Dompet Online, Ida Bagus Mandara Brasika, Minggu (7/6/2020), mengatakan, bahwa organisasi ini mengumpulkan donasi dari masyarakat dalam gerakan donasi 5.000. “Kita membuktikan kepada masyarakat, kalau ingin berdonasi itu tidak perlu harus banyak. Dimulai dari Rp 5000 rupiah saja sudah bisa ikut berdonasi,” ujarnya.

Organisasi Bali

Mandara Barasika yang merupakan pengolola Daridesaku, mengingkapkan, ide awal dari gerakan ini adalah karena banyaknya petani yang merugi. “Kita lihat sekarang banyak petani lokal yang merugi, tidak ada yang membeli. Untuk itu kita beli dengan donasi yang sebelumnya sudah kita kumpulkan dan sayuran tersebut akan kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh Bali,” ujarnya.

BACA JUGA  Kawasan Wisata Wisata Desa Pancasari Akhir Bulan Juni Akan Mulai di Buka Normal

Khusus untuk di Kabupaten Gianyar, pada Minggu (7/6/2020) sayuran gratis ini dibagikan di 4 titik. “Ini kita bagikan untuk di Kabupaten Gianyar adalah desa Tojan, RS Sanjiwani Gianyar, Kulidan, serta Kemenuh,” ucapnya.

Dikatakan bahwa sayuran gratis ini tidak semua dibagikan kepada masyarakat umum, “Kita sudah punya target siapa yang akan kita kasih, khususnya lansia dan pihak di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar. Tidak serta merta semua untuk masyarakat umum,” ungkapnya.

Adapun beberapa jenis sayuran yang dibagikan secara gratis ini adalah antara lain Sawi, Terong, Buncis, Cabe, Tomat, Dan Buah Jeruk. “Itu sudah dalam satu paket dan dibagikan,” jelasnya.

Dana dari hasil donasi yang berhasil terkumpulkan dalam waktu satu minggu ini senilai Rp 14 Jutaan. “Dari hasil itu kita belikan sebanyak 200 kilogram sayur dan dibagikan ke 9 Kabupaten Kota se-Bali,” pungkasnya. (DT)