Kodam IX/UDAYANA Inisiasi Terapi Plasma Konvalesen Penanganan Covid-19

Denpasar, BaliNews.id – Kodam IX/Udayana melaksanakan webinar terapi plasma konvalesen dalam rangka penanganan Covid-19, Senin (10/8/). 24 orang bersedia dan memenuhi syarat untuk donor plasma konvalesen.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara menyampaikan, Bali terkena dampak pandemi Covid-19 yang telah mengakibatkan lumpuhnya sektor pariwisata yang merupakan sumber utama perekonomian masyarakat.

Belum ditemukannya vaksin virus corona, maka perlu adanya langkah-langkah strategis atau terobosan lainnya untuk mempercepat penanganan Covid-19. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah melalui terapi plasma konvalesen dengan memanfaatkan plasma darah dari pasien Covid-19 yang berhasil sembuh yaitu plasma darah yang mengandung antibodi tersebut ditransfusikan ke pasien Covid-19 yang masih sakit untuk membantu mempercepat penyembuhan.

BACA JUGA  Seharusnya Sudah Berakhir, Status Tanggap Darurat Tetap Mengacu Keputusan Pemerintah Pusat
Kodam IX/UDAYANA Inisiasi Terapi Plasma Konvalesen Penanganan Covid-19
Kodam IX/UDAYANA Inisiasi Terapi Plasma Konvalesen Penanganan Covid-19

Kodam IX/Udayana ingin menginisiasi dan mendorong agar terapi ini dapat dikembangkan secara lebih luas di Bali dan mengharapkan kepada seluruh peserta webinar agar aktif memberikan ide, gagasan dan masukan serta rencana aksi bagaimana mengoptimalkan kelancaran pelaksanaan terapi plasma konvalesen. “Setelah pelaksanaan webinar ini, seluruh peserta dapat menjadi duta-duta untuk mendorong masyarakat, khususnya mantan pasien Covid-19 agar berpartisipasi mendonorkan plasma darahnya untuk kepentingan penanganan Covid-19”, harap Kurnia Dewantara.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id