Kemnaker Bangun 1.000 BLK Komunitas Selama Tahun 2020

Badung, BaliNews.id – Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan mendirikan 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia selama tahun 2020.

“Tahun ini semula Kementerian Ketenagakerjaan merencanakan membangun 2.000 BLK Komunitas, namun karena harus ada relokasi anggaran untuk penanggulangan pandemi COVID-19 maka tahun ini dibangun 1.000 BLK komunitas,” ucap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat kegiatan Naker Tanggap COVID-19 2020 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/9).

Kemnaker Bangun 1.000 BLK Komunitas Selama Tahun 2020
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan sambutan saat kegiatan Naker Tanggap COVID-19 2020 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (12/9/2020). ANTARA/Naufal Fikri

Meskipun jumlahnya turun menjadi 1.000 BLK Komunitas, menurut Menaker  yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat 1.000 BLK Komunitas tersebut memiliki manfaat yang sama seperti dengan membangun 2.000 Balai Latihan K Komunitas.

BACA JUGA  Pandemi Covid-19, PPDB Digelar Online

“Yang digandakan adalah manfaatnya efektivitasnya, produktivitasnya. Jadi kira-kira meskipun hanya 1.000 BLK Komunitas tapi rasanya seperti 2.000 atau rasa 3.000 BLK Komunitas,” katanya.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, program pendirian BLK Komunitas itu merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kompetensi SDM Indonesia untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang ada dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

“Dan program yang telah dirintis sejak tahun 2017 ini hingga tahun 2019 lalu telah berdiri sebanyak 1.113 lembaga BLK Komunitas yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyebaran BLK Komunitas yang sebelumnya difokuskan untuk lembaga pendidikan keagamaan, saat ini mulai diperluas penyebarannya melalui peran dari Serikat Pekerja. Sebagai upaya percepatan, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pendirian BLK Komunitas dengan 100 lembaga penerima di penetapan tahap pertama dan sekarang sedang proses pembangunan.

BACA JUGA  Setubuhi Anak Majikan, Pelaku Ditangkap di Banyuwangi

Sedangkan untuk penetapan bantuan tahap kedua sudah dan akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan 300 lembaga dan 600 lembaga pada penetapan tahap berikutnya. Ia menambahkan, melalui program pendirian BLK Komunitas, lembaga penerima bantuan BLK Komunitas akan menerima bantuan yang terdiri dari bantuan pembiayaan pembangunan satu unit gedung workshop dan bantuan peralatan pelatihan vokasi untuk satu kejuruan.

“Disamping itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah menyiapkan program untuk melatih tenaga instruktur dan pengelola BLK Komunitas agar mereka mampu mengelola BLK Komunitas dengan baik,” ujar Menaker Ida Fauziyah. (an)

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Muhammad Yusuf

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id