Kawasan Wisata Wisata Desa Pancasari Akhir Bulan Juni Akan Mulai di Buka Normal

Buleleng, BaliNews.id, -Tutup sejak bulan Maret yang lalu, daerah tujuan wisata, yang ada di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, akhir bulan juni mendatang, akan kembali dibuka secara normal. Penataan kembali di setiap tempat wisata mulai dilakukan untuk persiapan menuju normal yang baru.
Penjagaan oleh pecalang adat, nampak masih terlihat di pintu masuk, menuju daerah tujuan wisata Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada. Kawasan Danau Buyan telah ditutup dari bulan maret lalu. Penutupan dilakukan untuk kunjungan para wisatawan atau warga dari luar Desa Pancasari. Hanya warga desa pancasari yang diperbolehkan masuk kawasan danau. Selama pandemi, banyak masyarakat desa yang melakukan aktifitas memancing di Danau Buyan.
Persiapan kebun agro
Persiapan kebun agro
Dari pemantauan yang dilakukan, nampak restoran yang ada disekitar danau buyan masih tutup. Hanya terlihat karyawan yang sedang membersihkan halaman restoran. Meja dan kursi masih terlihat tertumpuk, tidak ada aktifitas pengunjung yang datang. Selain itu, selama pandemi, penataan di tepian Danau Buyan masih terus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan segala sarana berwisata saat kondisi telah normal. Taman-taman mulai ditata, lokasi camping pun mulai dipersiapkan. Dua tenda modifikasi telah terpasang. Rencananya pada akhir bulan Juni nanti, seluruh tempat wisata di Desa Pancasari, akan kembali di buka untuk wisatawan.
Penataan di kawasan Danau Buyan, dilakukan oleh BUMDES Panca Giri Kencana Desa Pancasari. Tanggal 24 Juni 2020, akan dilakukan upacara pemelaspas sekaligus sebagai penanda dibukanya kembali untuk kunjungan wisata. Hal ini disampikan oleh Ketua Bumdes Panca Giri Kencana Desa Pancasari, Made Suartana, Senin (15/6).
 “Rencanaya kita akan buka kembali kawasan Danau Buyan nanti pada tanggal 24 Juni nanti, akhir Juni kita pastikan sudah dibuka semua.Penerapan Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap kami pertimbangkan. Nanti yang dibuka itu untuk camping, dan memancing, untuk rumah makan akan dibuka menyusul. Namun kalau ada rumah makan selain yang dikelola oleh BUMDES saya yakin pasti akan menyesuaikan juga untuk pembukaannya” Ungkapnya.
Penataan tempat wisata lainnya, seperti tempat agrowisata strawberry, yang banyak terdapat di Desa Pancasari pun, mulai ditata kembali oleh para pengelola. Perawatan tanaman, terus dilakukan, untuk mempersiapkan rencana dibuka kembalinya, kawasan wisata Desa Pancasari. Persiapan menghadapi situasi normal yang baru, terus dilakukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Hal ini disambut bahagia oleh para pemilik agro wisata di Desa Pancasari. Gede Adi Mustika, Pemilik Agro Wisata Strawberry, mengaku telah tutup untuk kunjungan ke kebun agro telah ditutup sejak akhir Maret lalu. Kondisi ini sangat berdampak terhadap perekoniman. Syukurnya penjualan secara online, untuk buah-buah strawberry masih bisa dilakukan. Buah strawberry yang tidak dijual langsung dibekukan, untuk mengawetkan hasil panen.
 Ketua bumdes panca sari
Ketua bumdes panca sari
“Kami menyambut baik rencananya dibuka kembali kawasn wisata di Desa Pancasari, kami sudah lama tutup, sekarang kami mulai untuk menata kebun, agar siap berbuah untuk akhir juni ini. Selama ini hasil panen kita jual lewat online, syukurnya kami mempunyai pelanggan yang masih konsisten untuk memesan buah yang kami hasilkan di agro. Kelebihan buah kami langsung bekukan, nantinya akan digunakan untuk jus bagi wisatawan yang datang” Ujarnya
Camping ground bukan
Desa pancasari, kecamatan sukasada buleleng bali, merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang populer di bali utara. keindahan alam, hawa udara yang sejuk, menjadikan desa pancasari sebagai salah satu alternatif untuk berwisata. daya tarik wisata berupa agro wisata strawberry, dan keberkemah ditepian danau buyan, menjadikan desa pancasari sebagai pilihan berlibur berssama sahabat dan keluarga yang cukup menyenangkan. penerapan situasi normal yang baru, akan berdampak pada kembali bergeliatnya perekonomian masayarkat desa pancasari yang pada umumnya bermuara pada sektor pariwisata. (JAR)
Perawatan tanaman di agrowisata
Perawatan tanaman di agrowisata
BACA JUGA  Jatuh ke Sungai, Pemotor Tewas