Balinews.id

Evaluasi PPKM Level 4, Luhut Imbau Isolasi Terpusat di Bali

Luhut Binsar Panjaitan di Bali. Sumber : Liputan 6

BaliNews.id-Dalam rangka evaluasi pelaksanaan PPKM Level 4 di Bali, Menko Maritim dan Investasi Luhut  Binsar Panjaitan, Bapak Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Bapak Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin telah mengadakan Kunjungan Kerja dan Rapat Evaluasi pada Kamis, (12/08/ 2021).

Hal ini berkaitan dengan munculnya kasus baru varian Delta Covid-19 masih tinggi, belum mengalami penurunan, dan yang meninggal juga masih tinggi. Aktifitas masyarakat dan kerumunan masih tinggi sehingga terjadi penularan Covid-19 secara cepat.

Menurut data dari Pemerintah Provinsi Bali, kasus aktif Covid-19 di Bali sudah mencapai 592 orang, sebagian besar 8.163 orang (85%) menjalani Isolasi Mandiri di Rumah, sehingga mengakibatkan penularan dan tingginya kasus baru Covid-19 dalam rumah tangga, keluarga terdekat, dan perkantoran.

Dengan memperhatikan kondisi tersebut telah dilaksanakan evaluasi yang dihadiri oleh Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Bupati/Walikota se-Bali, Dandim dan Kapolres se-Bali.

Dalam evaluasi, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memberikan arahan agar PPKM Level 4 di Bali berjalan lebih optimal. Salah satunya, bagi warga yang telah mengikuti Isolasi Mandiri di Rumah, kurang dari 10 hari agar segera dibawa ke Isolasi/Karantina Terpusat. Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Dandim dan Kapolres ditugaskan untuk menjemput warga dibawa ke tempat Isolasi/Karantina Terpusat.

Luhut mengimbau agar Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Bupati/Walikota se-Bali, Dandim dan Kapolres se-Bali, agar bekerja lebih keras secara bersama-sama dengan bergotong royong.

Sementara itu, bagi warga yang sudah mengikuti Isolasi Mandiri di Rumah selama 10 hari atau lebih boleh tetap di Rumah menugaskan Perbekel/Lurah dan Bendesa Adat se-Bali untuk mengawasi warganya yang sedang menjalani Isolasi Mandiri di Rumah masing-masing, dan melarang bagi yang kontak erat agar tidak mengikuti aktifitas di masyarakat meskipun hasil Testing Swab Antigen/PCR negatif.

Bagi warga yang terkena kasus baru Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala atau sehat (OTG) diwajibkan mengikuti Isolasi/Karantina Terpusat, tidak dibolehkan Isolasi Mandiri di Rumah untuk menghindari penularan dalam keluarga. Bupati/Walikota berkewajiban menyiapkan fasilitas Isolasi/Karantina Terpusat dengan biaya dari APBD dan dibantu oleh Gubernur mulai hari ini.

(ab)

Sehari Pasca Ditembak, Donald Trump Hadiri Konvensi Nasional Partai Republik

GLOBAL, Balinews.id – Calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Kota Milwaukee, Wisconsin,…

August 13, 2021

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

August 13, 2021

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

August 13, 2021

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

August 13, 2021

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

August 13, 2021