Balinews.id

Nelayan Selamatkan WNA Linglung di Tengah Laut Candidasa

WNA linglung yang diselamatkan oleh nelayan di tengah laut Perairan Candidasa, Karangasem, saat di Mapolres Karangasem, Rabu (30/8/2023). (Foto: Dok Kepolisian)

Balinews.id – Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang belum diketahui identitasnya dan asal negaranya ditemukan di tengah laut Perairan Candidasa, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Kasi Humas Polres Karangasem, Iptu I Gede Sukadana mengatakan, WNA tersebut diselamatkan nelayan bernama Abdillah pada Selasa (29/8/2023) malam sekitar pukul 21.30 Wita.

Seorang nelayan asal Banjar Dinas Ujung Pesisi, , Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem bernama Abdillah menemukan nelayan berenang di Perairan Candidasa pada malam hari, Selasa (29/8/2023) sekitar pukul 21.30 Wita. WNA itu berenang di tengah laut, tanpa bantuan alat apa pun. Melihat apa yang dilakukan WNA itu berbahaya, Abdillah kemudian menolongnya dan dibawa ke pesisir.

Ternyata WNA tersebut linglung. Ia tidak mengetahui nama dan kurang yakin dengan negara asalnya. Melihat gelagat mencurigakan dari WNA tersebut, Abdillah melaporkannya ke Kepolisian Resor (Polres) Karangasem.

Kapolres Karangasem, AKBP Ricko Taruna, menerangkan WNA laki-laki ini awalnya dilihat oleh nelayan asal Banjar Dinas Ujung Pesisi, Abdillah, sedang berenang di tengah perairan Karangasem pada malam hari.

Ia berenang tanpa menggunakan peralatan memadai, hanya memakai singlet dan celana pendek.

“Nelayan ini langsung menyelamatkan WNA itu. Dibawa ke pesisir Pantai Ujung dan dibawa ke rumah warga,” ujar Ricko Taruna, Rabu (30/8/2023).

Sesampainya di rumah warga, ternyata WNA tersebut linglung. Ia tidak mengetahui identitasnya sendiri, termasuk kurang yakin asal kewarganegaraan.

Ricko menyebutkan, pada saat dimintai keterangan, WNA tersebut awalnya mengaku dari London. Namun sepanjang obrolan, WNA tersebut tampak masih linglung, dan arah pembicaraanya tidak jelas. Ia juga mengaku paspornya sudah tidak berlaku.

“Kami juga sempat memberikan bantuan pakaian, makanan, dan minuman terhadap orang asing tersebut. Sampai saat ini belum diketahui Identitasnya,” jelas Ricko.

Melihat keberadaan WNA yang linglung tersebut, Ricko Taruna mengambil langkah koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Karangasem. Termasuk koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karangasem, imigrasi untuk penanganan selanjutnya, dan untuk memastikan kondisi kejiwaan dari WNA tersebut. Apalagi WNA itu juga mengakui dirinya berhalusinasi.

“Saat ini WNA itu masih berada di SPKT Polres Karangasem, menunggu dijemput oleh Tim dari Dinas Sosial, Pol PP, dan pihak Imigrasi,” ungkap Ricko.

 

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

August 31, 2023

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

August 31, 2023

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

August 31, 2023

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

August 31, 2023

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

August 31, 2023