Balinews.id

Jokowi Resmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Besakih

Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti saat peresmian fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih di Karangasem, Bali, Senin (13/3). (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Balinews.id – Dalam kunjungan kerjanya ke Bali pada Senin, 13 Maret 2023, Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Presiden hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri. Pembangunan fasilitas yang dimulai sejak 18 Agustus 2021 itu menelan anggaran Rp 911 miliar. Anggaran bersumber dari APBN Rp 428 miliar dan APBD Provinsi Bali sebesar Rp 483 miliar.

“Hari ini Saya sangat bahagia berada di kawasan Pura Agung Besakih, Pura yang sangat disucikan bukan hanya oleh umat Hindu di Bali tapi seluruh nusantara,” kata Presiden. Ia mengajak masyarakat agar menjaga pura tersebut dan dirawat dengan penuh hormat.

Dengan demikian, umat Hindu dan pengunjung selalu merasakan aura kesuciannya. Jokowi juga memahami tradisi dan adat yang dilakukan di Pura Besakih. Sejak dulu, pengunjung akan ramai dari berbagai penjuru Nusantara. Terutama, saat upacara besar yang diselenggarakan setiap Sasih Kadasa. Upacara besar itu disebut sebagai Batara Turun Kabeh.

“Umat Hindu dari berbagai penjuru akan berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan, tidak hanya yang berasal dari Bali tapi seluruh Tanah Air,” kata Jokowi. Dengan semakin banyaknya umat Hindu yang tangkil atau berkunjung untuk persembahyangan, akan menimbulkan ketidaknyamanan. Maka, kata Presiden, di tahun 2021, ia memerintahkan Menteri PUPR untuk melakukan penataan kawasan Besakih.

“Penataan dilakukan bersama Gubernur Bali, meliputi Bencingah dan Manik Mas, dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat nyaman sembahyang dan pura terjaga kesuciannya,” kata Presiden.

Pembangunan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang menghabiskan anggaran hampir Rp 1 triliun itu, dinilai bisa dilakukan. Namun, menurut Jokowi, pengelolaannya tidak semudah ketika membangun.

“Saya benar-benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun pemerintah pusat dan Pemprov Bali ini, dengan dana yang sangat besar, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan profesional,” kata Jokowi. Presiden juga titip agar Desa Besakih dan Desa Adat Besakih dilibatkan dalam pengelolaan.

“Beri kesempatan untuk masyarakat ikut berpartisipasi dan berkontribusi,” ujar Presiden. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

March 14, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

March 14, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

March 14, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

March 14, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

March 14, 2023